Nasional

Woouw… Internasional Ekspo Tenun Ikat Siap Digelar di Pulau Sumba

TEROPONGNTT, KUPANG – Pulau Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bakal menjadi sorotan internasional di Tahun 2017. Di tanah sabana ini, pemerintah Provinsi NTT bersama Kementrian Pariwisata akan menggelar festival tenun ikat kelas dunia dengan nama Internasional Ekspo Tenun Ikat. Presiden RI, Joko Widodo pun dijadwalkan hadir pada kegiatan ini.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT, Dr. Marius Ardu Jelamu, MS mengatakan, kegiatan festival bakal dimeriahkan dengan Parade Ribuan Kuda Sandelwood, kegiatan pentas seni dan budaya, karnaval, ekspo NTT dan sejumlah kegiatan lainnya. Sehingga rangkaian kegiatan Internasional Ekspo Tenun Ikat yang yang berlangsung sekitar satu minggu lebih tersebut tidak terputus.

“Kegiatan Parade Ribuan Kuda Sandelwood di Sumba dimaksudkan untuk menciptakan brand bahwa Kuda Sandelwood di Indonesia itu adanya di wilayah NTT khususnya di Pulau Sumba. Tidak ada di provinsi lain,” kata Marius kepada para wartawan disela-sela acara Natal Bersama di dinas tersebut, Senin (9/1/2017) lalu.

Selama ini, menurut  Marius, Pulau Sumba lebih dikenal dengan atraksi budaya pasola. Sementara atraksi Pasola lahir dari kebudayaan masyarakat Sumba yang umumnya hidup sebagai peternak. Karena itu, potensi budaya yang dimiliki Pulau Sumba harus dikembangkan sebagai potensi pariwisata yang mahal.

“Kita berharap semua kabupaten di Pulau Sumba mendukung kegiatan besar ini. Karena kegiatan bukan Cuma berpusat disalah satu kabupaten tetapi mencakup semua kabupaten yang ada di Pulau Sumba,”  ta Marius. (nia)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top