Daerah

Walikota Kupang dan Dewan Sidak di Puskemas Alak

TEROPONGNTT, KUPANG — Walikota Kupang, Jefry Riwu Kore bersama Ketua Komisi IV DPRD Kota Kupang, Livingston Ratu Kadja dan Anggota Komisi, Mourids Kalilena melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Puskesmas Alak, Selasa (5/9/2017). Sidak bertujuan, melihat langsung kondisi pelayanan kesehatan di puskesmas tersebut.

“Ini sebagai langkah awal untuk membenahi pelayanan di puskesmas. Selain itu, tentunya untuk melihat langsung keadaan di lapangan,” kata Walikota Kupang, Jefry Riwu Kore kepada wartawan.

Jefry Riwu Kore mengatakan, hal utama yang mesti dilakukan pihak puskesmas adalah memberikan pelayanan yang baik bagi pasien. Masalah administrasi diurus kemudian.

Menurut Jefry Riwu Kore,  peran puskesmas begitu penting dalam pelayanan kesehatan, pasalnya puskesmas merupakan fasilitas kesehatan (faskes) pertama yang didatangi masyarakat ketika sakit. Puskesmas bersetuhan langsung dengan masyarakat.

“Intinya yang utama dilakukan adalah memberikan pelayanan, administrasinya kemudian. Karena kalau administrasi lebih diutamakan, pertolongan dan pengobatan dinomorduakan, maka itu akan fatal bagi pasien,” katanya.

Jefry Riwu Kore berharap, segala kekurangan di puskesmas, baik fasilitas maupun hal-hal lain yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan, harus dikoordinasikan dengan Pemkot agar sesegera mungkin diatasi.

Sementara Ketua Komisi IV DPRD Kota Kupang, Livingstone Ratu Kadja mengatakan pihaknya sangat mendukung upaya yang dilakukan Walikota Kupang tersebut.

Livingston menilai, langkah yang diambil Walikota Kupang patut diapresiasi. Sebab, upaya untuk terus membenahi pelayanan kesehatan, harus dengan melihat langsung kondisi lapangan, baru dipetakan persolan-persoalan untuk diatasi.

“Saya kira, langkah Walikota ini patut diapresiasi, dan kami sanga mendukung. Upaya untuk mengatasi segala persoalan di masyarakat, harus turun langsung dan melihat keadaan sebenarnya,” sebutnya.

Lanjut Livingston, dengan melihat kondisi di Puskesmas Alak, fasilitas-fasilitas kesehatan yang masih kurang, sebaiknya dilaporkan, agar pihaknya bisa membantu lewat anggaran.

Menurut Livingston, masih ada kekuarang-kekurangan yang mesti dibenahi dan harus dilengkapi. Sebab, segala upaya yang dilakukan tersebut, untuk kepentingan masyarakat. (lia)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top