Nasional

Waduhh…Sebagian Wilayah Sumbawa Besar Terendam Banjir

TEROPONGNTT, SUMBAWA – Sebagian wilayah Sumbawa Besar, Provinsi NTB kembali diterjang banjir, Minggu (29/1/2017). Sekitar delapan desa dan perkampungan terendam dan hingga sekitar pukul 18.00 wita, banjir belum juga surut.
Hujan deras melanda wilayah Sumbawa Besar sejak pukul 11.30 wita hingga sore hari. Informasi menyebutkan, sejumlah wilayah yang terendam banjir diantaranya, wilayah Sernu, wilayah Sering, wilayah sekitar Jalan Mangga, Tambora, Desa Ninjang, wilayah Labuhan tepatnya di sekitar Karaci, serta Kampung Jawa dan sekitarnya.
Banjir juga menggenangi rumah warga hingga setinggi lutut sehingga menimbulkan kepanikan. Warga terpaksa harus mengamankan sejumlah barang dalam rumah agar tidak basah terendam banjir.
“Banjir disebabkan luapan air kali dan air kiriman dari gunung serta saluran air dan drainase yang kecil. Sehingga, meluap hingga ke rumah-rumah penduduk dan lahan pertanian. Akibatnya, wilayah Dusun Ninjang Atas dan Dususn Ninjang Bawah terendam air hingga setinggi satu meter,” kata Sudirman, salah satu warga Desa Ninjang.
Sementara Henny Punjawaty, salah seorang warga Kampung Sernu, banjir sudah sering melanda wilayah Sernu, kelurahan Lempeh, Sumbawa besar. Banjir terjadi karena luapan air dari kali dan juga got atau saluran drainase yang kecil.
“Setiap kali hujan lebat dalam waktu yang lama, pasti wilayah Sernu akan tergenang air. Mestinya hal ini menjadi perhatian pemerintah. Tapi banjir kali ini lebih besar dari banjir-banjir sebelumnya,” kata Henny Punjawaty.
Nur Afandi, warga Sernu lainnya, menambahkan, warga Sernu berharap pemerintah daerah Sumbawa Besar lebih sigap dalam dalam menangani banjir. Apalagi, banjir sekarang terjadi dimana-mana setiap hujan lebat.
“Kami warga Sernu berharap pemerintah daerah benar-benar memberi perhatian dalam penanganan banjir. Apalagi, wilayah Sumbawa Besar khususnya wilayah Sernu selalu menjadi langganan banjir setiap tahunnya,” kata Nur Afandi. (nia)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top