Daerah

UPT Pelatihan Tenaga Kerja NTT Gandeng Gading Taruna Gelar Pelatihan

TEROPONGNTT, KUPANG – Sebanyak 100 calon tenaga kerja mengikuti kegiatan Sosialisasi Tenaga Kerja dan Lapangan Kerja Produktif yang diselenggarakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelatihan Tenaga Kerja (PTK) Provinsi NTT bekerja sama dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Gading Taruna Kupang. Kegiatan sosialisasi digelar selama 4 hari mulai Rabu (4/12/2019).

Kegiatan sosialisasi tenaga kerja dan lapangan kerja produktif yang digelar di aula Kapela St. Agustinus Belo ini, membahas khusus tentang tenaga kerja pada perusahaan kelapa sawit. Kegiatan dibuka  Kepala UPT Pelatihan Tenaga Kerja (PTK) Provinsi NTT, RR Sulistyo Ambarwati.

Ambarwati mengatakan, permintaan tenaga kerja dari Malaysia dan Brunei Darusalam untuk bekerja pada perusahaan budidaya kelapa sawit saat ini sangat banyak. Selain ke luar negeri, juga ada permintaan tenaga kerja dari perusahaan kelapa sawit dalam negeri seperti di Papua dan Kalimantan.

Untuk menjawab peluang kerja ini, maka digelarlah sosialisasi Tenaga Kerja dan Lapangan Kerja Produktif yang membahas khusus tentang tenaga kerja pada perusahaan kelapa sawit. Sehingga calon tenaga kerja memiliki keahlian dan mengantongi sertifikas kompetensi dalam bidang kerja usaha kelapa sawit.

“Saat ini semua lapangan kerja membutuhkan tenaga kerja yang memiliki sertifikat kompetensi. Ijasah boleh saja bagus, tapi kalau tidak memiliki sertifikat kompetensi, sulit bersaing untuk masuk ke dunia kerja. Begitupun dengan pekerja usaha kelapa sawit,: kata Ambarwati.

Karena itu, kata Ambarwati, selain materi yang diberikan, para instruktur  juga akan mendampingi calon tenaga kerja saat praktek, sehingga nantinya bisa memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang cukup untuk menjalani ujian kompetensi. Dua instruktur yang member pelatihan dan sosialisasi diantaranya, Pak Sonny dari Malang, Jawa Timur dan Maryati sebagai istruktur budidaya sawit.

“Kegiatan praktek akan dilaksanakan di UPT. Pelatihan Tenaga Kerja (PTK) Provinsi NTT, atau yang sebelumnya diikenal dengan nama BLK (Balai Latihan kerja) Kupang,” kata Ambarwati.

Sementara Kepala Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Gading Taruna Kupang, Goris Takene mengatakan, para calon tenaga kerja yang menjadi peserta dalam kegiatan sosialisasi berasal dari Kota Kupang dan Kabupaten Kupang. Kegiatan sosialisasi diharapkan bermanfaat bagi para calon tenaga kerja agar bisa diterima bekerja di perusahaan kelapa sawit di Malaysia, Brunei Darusalam ataupun di Kalimantan dan Papua.

(max)

 

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top