Daerah

Universitas Citra Bangsa (UCB) Ingatkan Pentingnya Evidence Based Practice Dalam Pelayanan Keperawatan

TEROPONGNTT, KUPANG – Universitas Citra Bangsa (UCB) menggelar Pelatihan dan Seminar Evidence Based Practice Dalam Keperawatan di Hotel On The Rock Kupang, Sabtu (1/2/2020). Melalui seminar ini, Universitas Citra Bangsa (UCB) ingin mengingatkan para perawat tentang pentingnya Evidence Based Practice dalam pelayanan kepada pasien.

Pelatihan dan Seminar Evidence Based Practice Dalam Keperawatan dibuka Rektor Universitas Citra Bangsa (UCB), Dr. Jeffrey Jap.,drg.M.Kes  ini diikuti 500 lebih peserta yang terdiri dari para perawat rumah sakit dan puskesmas serta mahasiswa keperawatan dari seluruh wilayah Provinsi NTT.

Seminar menghadirkan empat orang pemateri yakni Linlin Lindayani, Ph.D dan Heni Purnama, MNS dari Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan PPNI Bandung, Taryudi, Ph.D dari Universitas Negeri Jakarta, serta Ns. Herliana M.A. Djogo, MSN dari Universitas Citra Bangsa (UCB).

Dalam pemaparannya, Linlin Lindayani, Ph.D sebagai pemateri menjelaskan, perawat sebagai salah satu komponen utama pemberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat memiliki peran penting karena terkait langsung dengan pemberi asuhan kepada pasien. Perawat sebagai ujung tombak pelayanan, sangat menentukan pemberian Asuhan Keperawatan yang aman.

Sementara Evidence Based Practice (EBP) adalah pendekatan sistematis untuk meningkatkan kualitas praktik keperawatan dengan mengumpulkan bukti terbaik. Dimana Praktik keperawatan Evidence Based Nursing Practice (EBNP) merupakan ciri khas dari praktik keperawatan profesional untuk meningkatkan kualitas asuhan keperawatan. EBNP digunakan perawat sebagai pemberi pelayanan Asuhan Keperawatan yang baik karena pengambilan keputusan berdasarkan pembuktian juga merupakan suatu proses yang sistematis yang digunakan dalam membuat keputusan tentang perawatan pasien.

Yang terjadi di rumah sakit, kata Linlin Lindayani, masih ada perawat yang belum menerapkan pemberian asuhan keperawatan sesuai petujuk atau pendekatan Evidence Based Nursing Practice (EBNP). Oleh karena itu, langkah yang dilakukan Universitas Citra Bangsa (UCB) dengan menggelar pelatihan dan seminar Evidence Based Practice dalam keperawatan merupakan langkah yang tepat untuk mengingatkan kembali para perawat sehingga member pelayanan secara benar dan tepat.

Rektor Universitas Citra Bangsa (UCB), Dr. Jeffrey Jap.,drg.M.Kes ketika membuka kegiatan seminar dan pelatihan ini, menegaskan  tenaga medis termasuk perawat merupakan garda terdepan dan garda fundamental dalam pelayanan kesehatan terutama dalam pelayanan pasien. Karena itu, pengetahuan tenaga medis termasuk perawat harus terus di-update sehingga mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan.  Sehingga pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien merupakan pelayanan yang benar dan tepat.

Menurut Jeffrey Jap, tidak boleh ada ego sektor antar profesi tenaga kesehatan, karena sesungguhnya  tidak memberi keuntungan apapun dalam pelayanan dan kepada masyarakat sekitar.  Ego sektor harus ditinggalkan dan biarkan antar profesi kesehatan saling mendukung dalam memberi pelayanan kepada masyarakat atau pasien.

Digelarnya Pelatihan dan Seminar Evidence Based Practice Dalam Keperawatan, menurut Jeffrey Jap, karena Universitas Citra Bangsa (UCB) sebagai perguruan tinggi menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai salah satu tujuan pencapain yang harus dilakukan. Bukan cuma melakukan pendidikan dan penelitian saja, tetapi juga pengabdian kepada masysrakat.

Selain itu, kata Jeffrey Jap, Universitas Citra Bangsa (UCB) melaui Prodi Keperawatan Ners, merasa perlu mengingatkan kepada para perawat dan mahasiswa keperawatan tentang pentingnya menjalankan tugas dan member asuhan keperawatan secara professional, benar dan tepat sehingga  member kenayamanan bagi pasien dan keluarga.

Sementara Ketua Panitia Pelatihan dan Seminar Evidence Based Practice Dalam Keperawatan Universitas Citra Bangsa (UCB), Petrus Kanisius Siga Tage, S.Kep, Ns., M.Kep kepada wartawan menjelaskan, peserta yang mendaftar untuk mengikuti kegiatan pelatihan dan seminar ini mencapai 600 lebih orang. Tetapi yang benar-benar hadir antara 400-600 peserta.

“Kegiatan seminar seperti ini tetap dilakukan UCB secara rutin dan berkelanjutan. Kita berharap, kedepan UCB menjadi trendsetter bagi pengembangan Evidence Based Practice di Provinsi NTT. Diharapkan para perawat dan mahasiswa keperawatan menyerap ilmu yang diberikan pemareti sehingga dapat menjadi patokan dalam pelaksanaan tugas melayani pasien,” kata Siga Tage.

(max)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top