Daerah

Universitas Citra Bangsa (UCB) Edukasi Warga Pasar Oesao

TEROPONGNTT, KUPANG – Sejumlah relawan dari Universitas Citra Bangsa (UCB) menggelar aksi kemanusiaan di Pasar Oesao, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang pada Sabtu, 9 Mei 2020. Dalam aksi ini, para relawan UCB membagikan masker dan vitamin serta memberikan edukasi kepada para pedagang dan pengunjung pasar tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan.

Aksi Relawan Universitas Citra Bangsa (UCB) ini dikuti para dosen dan mahasiswa dari jurusan keperaatan dan kebidanan. Kegiatan aksi dikoordinir oleh Ns. Fepyani Thresna Feoh, S.Kep.,M.Kep dan Ns. Maryati A. Barimbing, S.Kep.,M.Kep.

Dalam keterangannya, Ns. Fepyani Thresna Feoh, S.Kep.,M.Kep  mengatakan, kegiatan ini merupakan aksi kemanusiaan yang digelar dalam rangka menghadapi pandemic Covid-19. Sehingga semua orang sadar akan pentingnya memahami dan melindungi diri dari ancaman terpaparnya virus corona.

“Semua kita sadar bahwa ini adalah masalah kita bersama. Sebagai tenaga kesehatan kami terpanggil untuk melakukan aksi ini walaupun kecil,” jelas Fepy.

Hal senada juga diungkapkan oleh Arman R. Lette, S.KM.,M.Kes. “Kita membagikan masker dan juga vitamin. Juga memberikan edukasi kepada para penjual untuk mematuhi protokol kesehatan,” jelas Arman.

Kepala LP3M UCB, Vinsen Belawa Making, SKM.,M.Kes yang juga ikut dalam kegiatan ini, menyampaikan pentingnya tindakan pencegahan di pasar “Pasar menjadi salah satu cluster yang paling ditakuti. Oleh sebab itu kita harus gencar melakukan edukasi ditengah pasar tersebut,” jelas Making.

Kegiatan ini dilakukan di Pasar Oesao dan juga tempat penjualan jagung dan kue cucur Oesao. Hasil pantauan, memang banyak para penjual yang belum sadar sepenuhnya tentang bahaya Covid-19, Banyak diantara mereka yang tidak mengenakan masker dan tidak menjaga jarak satu dengan yang lainnya.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari Rektor UCB, dr. Jeffrey Jap, drg.M.Kes “Ini aksi nyata dari para dosen dan mahasiswa yang patut diapresiasi. Bukan hanya kali ini saja kami turun ke lapangan tetapi sudah sekian kali. Ini bencana kemanusiaan, jadi setiap kita terpanggil untuk melakukan aksi sesuai bidang kita masing-masing,” jelas Jeffrey.

Hadir juga dalam kegiatan ini beberapa dosen lainnya diantaranya; Ns. Istha Leanni Muskananfola, S.Kep.,M.Kep, Ns. Yohanes Dion, S.Kep.,M.Kes, Jannes Bastian Selly, M.Si.,M.Kes, Rosina K. K. Hurek, S.Tr.Keb.,M.KM dan salah satu alumni UCB, Ns. Fanny A. Koroh, S.Kep.

(VM)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top