Daerah

Universitas Citra Bangsa Kupang Hadir Dengan Tambahan Tiga Prodi Unggulan Baru

TEROPONGNTT, KUPANG – Universitas Citra Bangsa Kupang resmi berdiri setelah pihak Yayasan Citra Binan Insan Mandiri mengantongi Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi nomor 285/KPT/l/2019 tentang Izin Penggabungan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Citra Husada Mandri Kupang (Stikes CHMK) dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Citra Bina Nusantara Kupang.

Dengan penggabungan ini, maka seluruh program studi (Prodi) yang ada di Stikes CHMK dan STKIP Citra Bina Nusantara, dialihkan ke Universitas Citra Bangsa Kupang. Seluruh mahasiswa Stikes CHMK dan mahasiswa STKIP Citra Bina Nusantara juga secara otomatis menjadi mahasiswa Universitas Citra Bangsa Kupang.

Meski demikian, selain program studi (prodi) bawaan dari Stikes CHMK dan STKIP Citra Bina Nusantara, Universitas Citra Bangsa Kupang juga hadir dengan tiga program studi (Prodi) unggulan baru. Ketiga prodi tersebut yakni Prodi Teknik Sipil, Prodi Teknik Arsitek dan Prodi Teknik Informatika, yang berada dibawah Fakultas Teknik.

Hal ini terungkap dalam konferensi pers yang digelar di aula kampus Universitas Citra Bangsa Kupang, Jumat (3/5/2019). Konferensi pers yang dipandu  Jefry Jab, M.Kes ini, digelar Tim Pembentukan Universitas Citra Bangsa bersama Yayasan Citra Binan Insan Mandiri sebagai lembaga yang menaungi universitas tersebut.

Ketua Tim Pembentukan Universitas Citra Bangsa Kupang, Dr. Frans Salesman, M.Kes mengatakan, pendirian Universitas Citra Bangsa sesuai dengan kebijakan Kemenristekdikti untuk memperkecil jumlah perguruan tinggi di Indonesia. Dari jumlah 5.100 lebih perguruan tinggi di Indonesia saat ini, diharapkan diperkecil hingga menjadi cuma 1.500 perguruan tinggi.

Menurut Frans Salesman, dengan adanya Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi nomor 285/KPT/l/2019 ini, maka Universitas Citra Bangsa Kupang segera melakukan persiapan operasional. Apalagi akan memasuki tahun ajaran baru, sehingga Universitas Citra Bangsa Kupang bisa segera melaksanakan fungsinya sebagai universitas.

Sementara Ketua Yayasan Citra Bina Insan Mandiri, Ir. Benny Ndoenbuy, M.Si mengatakan, kehadiran Universitas Citra Bangsa Kupang adalah hadiah untuk masyarakat NTT. Universitas baru ini adalah penggabungan dari dua sekolah tinggi bermutu dengan prodi-prodi unggulan.

“Kehadiran Universitas Citra Bangsa Kupang merupakan kebanggan kita semua. Ini keberhasilan dari teman-teman pejuang di Stikes CHMK dan STKIP Citra Bina Nusantara. Mari jadikan generasi NTT sebagai generasi yang berkualitas dan berdaya saing,” kata Benny Ndoenbuy.

Calon Rektor Universitas Citra Bangsa Kupang, Jefry Jab M.Kes yang juga memandu konferensi pers ini, menambahkan bahwa Stikes CHMK dan STKIP Citra Bina Nusantara didirikan oleh Abraham Paul Lianto yang kini menjadi Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Penggambungan Stikes CHMK dan STKIP Citra Bina Nusantara dan pendirian Universitas Citra Bangsa Kupang juga merupakan impian Abraham Paul Lianto.

Selama ini, Stikes CHMK memiliki tiga prodi yakni Prodi Keperawatan, Prodi Kebidanan dan Prodi Farmasi. Sementara STKIP Citra Bina Nusantara memiliki prodi pendidikan bahasa Inggris dan prodi pendidikan inforrmatika.

(mer)

 

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top