Daerah

Undana Meriahkan Hari Lahir Pancasila dengan Pelepasan Balon Udara

TEROPONGNTT, KUPANG – Upacara peringatan Hari Lahirnya Pancasila di kampus Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang diwarnai pelepasan balon ke udara. Upacara berlangsung di pelataran gedung rektorat Undana, Kamis (1/6/2017)

Balon udara yang dilepas diberi stiker bertuliskan “Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika”. Selain stiker, juga ada spanduk bertuliskan “Saya Undana, saya Indonesia dan saya Pancasila.”

Pelepasan balon ke udara dipimpin langsung oleh Rektor Undana, Prof Fred Benu dan disaksikan seluruh civitas akademika Undana yang hadir. Ulai dari jajaran pimpinan lingkup Undana, para dosen, pegawai dan mahasiswa.

Pada upacara peringatan Hari Lahirnya Pancasila ini, Rektor Undana, Prof Fred Benu membacakan pidato tertulis Presiden RI, Joko Widodo. Dimana, dalam pidato tertulisnya, Presiden Jokowi menegaskan kepada seluruh komponen bangsa dan negara Indonesia, agar menegakkan persatuan, meski berada di tengah keberagaman dan perbedaan.

“Harus diingat bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman. Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman. Dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman. Dari Miangas sampai Rote adalah juga keberagaman. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia. Itulah ke-bhinneka tunggal ika-an kita,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengatakan, peringatan hari lahir Pancasila tahun 2017 merupakan yang pertama sejak kemerdekaan Indonesia.  “Upacara ini meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan berngegara,” kata Jokowi. (*)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top