Daerah

Tiga Hal Jadi Perhatian MKKS SMP se-Kota Kupang

TEROPONGNTT, KUPANG – Setelah dikukuhkan Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (P dan K) Kota Kupang, Filmon Lulupoy, Badan Pengurus MKKS SMP Se-Kota Kupang Periode 2017-2022 segera menggelar rapat untuk menyusun program strategis untuk mengembangkan mutu pendidikan di Kota Kupang.

Demikian dikatakan Ketua Badan Pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP se-Kota Kupang, Hendrik Adu kepada wartawan di aula Paroki St Yosep Naikoten, Sabtu (26/8/2017) siang.

Menurut Hendrik Adu, ada tiga hal yang jadi perhatian pertama MKKS SMP se-Kota Kupang. Pertama adalah, upaya membangun kebersamaan. Dalam uapaya ini, setiap pelaksanaan ujian semester, akan dibuatkan satu soal untuk semua sekolah. Sehingga menghemat waktu, tenaga dan biaya.

“Keerahasiaan soal tetap dijaga, dan bila ada soal bocor di salah satu sekolah, maka pelaksanaan ujian semester di semua sekolah SMP dibatalkan. Karena itu, integritas kepala sekolah sangat dibutuhkan,” kata Hendrik Adu.

Hal kedua, kata Hendrik Adu, adalah berusaha menghindari egoisme sekolah. Selama ini ada sekolah tertentu yang mau nenonjol sendiri saja. Mau maju sendiri saja. Sementara sekolah lain slow down, tidak ambil pusing.

“Dalam kaitannya dengan membangun kebersamaan, kedepan jangan ada sekolah yang merasa super power. Jangan ada lagi egoisme sekolah,” kata Hendrik Adu.

Sedangkan hal ketiga, kata Hendrik Adu, adalah sharing pengalaman antar sekolah. Selama ini, yang berprestasi kebanyakan sekolah swasta. Sekolah negeri merasa gensi kalau belajar dari sekolah swasta untuk bisa maju.

Maka dari itu, kata Hendrik Adu, perlu ada sharing pengalaman antar kepala sekolah. Saling berbagi pengalaman tentang manajemen sekolah, tentang penerapan kurikulum dan lainnya. Sehingga semua sekolah bisa maju bersama dan tidak terlalu jauh perbedaan mutunya anara sekolah yang satu dengan sekolah yang lain.

Berbagai program strategis MKKS SMP se-Kota Kupang, kata Hendrik Adu, tentu akan sejalan juga dengan program pemerintah Kota Kupang baik dari dinas maupun kebijakan Walikota Kupang. Pihaknya berharap, apa yang menjadi harapan bersama bisa tercapai. (max)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top