Daerah

Takesan Pimpin Sekber Organisasi Profesi (OP) Kesehatan NTT

TEROPONGNTT, KUPANG — Michael J.S. Takesan, SKM.,M.Si terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Sekretariat Bersama (Sekber) Organisasi Profesi (OP) Kesehatan se-NTT. Pemilihan dilakukan dalam Rapat Bimbingan dan Pengawasan Mutu Tenaga Kesehatan Provinsi NTT tahun 2019 yang dipimpin Kadinkes Provinsi NTT, drg Domi Mere  di aula Dinkes Provinsi NTT, Jumat (6/12/2019).

Pembentukan Sekber Kesehatan NTT dipandang perlu, mengingat banyaknya keluhan yang datang dari para tenaga kesehatan, dari berbagai OP Kesehatan yang ada di seluruh wilayah Provinsi NTT.

“Selama ini, cukup banyak kendala yang kita hadapi, terutama menjangkau anggota kita yang ada di semua kebupaten/kota di NTT. Banyak mereka yang belum terpapar berbagai informasi terkini terkait regulasi dan hal-hal teknis lainnya, terutama dalam proses mengurus dan memperpanjang STR,” kata Takesan.

“Harapannya, dengan pembentukan sekber ini, kita dapat bersama-sama dengan pemerintah provinsi menjangkau semua anggota OP kesehatan yang ada di kabupaten dan juga menrancang berbagai kegiatan untuk pengembangan kompetensi setiap anggota,” lanjut Takesan.

Hal senada diungkapkan salah satu Pelindung/Penasihat Sekber Kesehatan NTT, Dr. Pius Weraman, SKM.,M.Kes. “Kita bersyukur sekber ini telah terbentuk hari ini. Memang ini adalah mimpi kita sejak lama. Selama ini memang OP kesehatan jarang terlibat dalam berabagai agenda pemerintah,” kata Pius.

“Setelah adanya sekber ini, harapannya kolaborasi antar OP dengan instansi pemerintah lebih digiatkan lagi sehingga mimpi besar kita agar tercapai rakyat NTT yang sehat sejahtera dapat segera terwujud,” kata Pius yang merupakan kandidat guru besar kesehatan dari FKM Undana ini.

Sekber ini terdiri dari beberapa organisasi profesi antara lain; Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI),  Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI),  Persatuan Perawat Gigi Indonesia (PPGI), Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI),  Perhimpunan Ahli Epidemiolog Indonesia(PAEI), Persatuan Ahli Gizi Indonesia(PERSAGI) PERSAGI, Ikatan Fisioterapi Indonesia(IFI), Ikatan Okupasi Terapi Indonesia(IOTI) IOTI,  Persatuan Ahli Radigrafer Indonesia(PARI), Persatuan Teknik Gigi Indonesia(PTGI), Ikatatan Teknik Elektromedik Indonesia(IKATEMI), Persatuan Ahli Teknik Laboratorium Kesehatan Ind(PATELKI)  Perhimpunan Profesi Perekam Medis & Informasi Kes Ind (PORMIKI)

Ada pun struktur Sekber yang terpilih adalah sebagai berikut; Pelindung/penasihat: Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Dr. Pius Weraman, SKM.,M.Kes dan Dr. dr. H. A. Fernandez M.Kes. Pengurus; Ketua Michael J.S. Takesan SKM.,M.Si, Wakil Ketua, Aemilianus Mau S.Kep,Ns.,M.Kep, Sekretaris,  Vinsen Belawa Making SKM.,M.Kes dan Bendahara; Damita Palalangan SKM.,M.Hum.

(VN)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top