Daerah

Suksesi Rektor Undana, Kandidat Harus Bebas Narkoba dan Bergelar Doktor

TEROPONGNTT, KUPANG — Kandidat Calon Rektor Universitas Nusa Cendana (Undana) masa bakti 2017-2021 mendatang harus memenuhi beberapa kriteria khusus yakni bebas narkoba, berpendidikan doktor dan berusia paling tinggi 60 tahun pada saat berakhirnya masa jabatan rektor nantinya.

Selain itu, calon Rektor Undana haruslah pegawai negeri sipil (PNS) yang memiliki pengalaman jabatan sebagai dosen dengan jenjang akademik paling rendah Lektor Kepala. Calon rektor juga harus memiliki pengalaman manajerial, paling rendah sebagai ketua jurusan atau sebutan lain yang setara, atau ketua lembaga paling singkat dua tahun dan paling rendah sebagai pejabat eselon II.a di lingkungan instansi pemerintah serta membuat dan menyerahkan laporan harta kekayaan pejabat negara ke KPK

“Pemilihan Rektor Undana periode 2013-2017 pasca kepemimpinan Prof. Ir. Fredrik L. Benu, M.Si., Ph.D yang akan mengakhiri masa jabatannya 3 Desember 2017, dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Pemimpin Perguruan Tinggi Negeri,” jelas Ketua Panitia Pemilihan Rektor Undana, Prof. Dr. Simon Sabon Ola, M.Hum melalui Humas Undana, David Sir, S.Sos.,M.Hum di ruang kerja, Kamis (13/7/2017).

David Sir menambahkan, panitia penjaringan, penyaringan dan pemilihan calon Rektor Undana periode 2017-2021 telah melakukan sosialisasi persyaratan calon rektor, tahapan dan jadwal penjaringan bakal calon, penjaringan calon rektor dan pemilihan.

Sosialisasi dimaksud, kata David Sir, selain dilakukan melalui surat pemberitahuan ke pimpinan fakultas, lembaga, pascasarjana, melalui spanduk, juga melalui media. Setelah itu, tugas panitia melakukan penjaringan bakal calon rektor dengan menerima dan memeriksa kebenaran dan keabsahan formulir pendaftaran beserta lampiran-lampirannya dari bakal calon rektor, dan menentukan pelaksanaan penyaringan calon rektor.

Selanjutnya, kata David Sir, mempersiapkan berita acara proses pemilihan rektor untuk ditandatangani oleh ketua dan sekretaris Senat dan para saksi, minimal dua orang dari anggota senat yang hadir, dan melaksanakan tugas-tugas lain yang ditugaskan oleh senat berkaitan dengan pemilihan rektor.

Mengenai penjaringan bakal calon Rektor Undana, kata David Sir, panitia telah mengeluarkan pengumuman, mengingat masa jabatan Rektor Undana periode 2013-2017 akan berakhir 3 Desember 2017, dan berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor 767/KL/2017, tentang pengangkatan panitia penjaringan, penyaringan dan pemilihan calon Rektor Undana periode 2017-2021, sehingga panitia secara resmi membuka pendaftaran calon rektor sejak tanggal 10 hingga 21 Juli 2017.

Karena itu, kata David Sir, bagi para calon yang ingin mendaftar dapat dilakukan di Rektorat Undana pada seksi pendaftaran yakni di ruang Sekretaris Pembantu Rektor II, di lantai dua gedung rektorat Undana setiap hari kerja. (*/humas undana)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top