Daerah

Setelah Dikukuhkan, IAKMI Cabang Manggarai Timur Siap Berlari

TEROPONGNTT, BORONG — Pengurus Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat (IAKMI) Cabang Manggarai Timur Periode 2019-2022 dikukuhkan. Pengukuhan ini dilaksanakan sebagai langkah awal melegitimasi badan pengurus setelah pengurusan baru terpilih.

Acara pengukuhan dilaksanakan di aula Hotel Gloria Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Kamis (20/6/2019). Acara pengukuhan ini dihadiri semua Anggota IAKMI Cabang Manggarai Timur, dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur.

Prosesi pengukuhan Badan Pengurus IAKMI Cabang Manggarai Timur dipimpin langsung Ketua Pengurus Daerah (Pengda) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Dr.dr. Hyron Fernandez, M.Kes. Pengukuhan badan pengurus ditandai dengan pengambilan sumpah dan penyerahan pin IAKMI kepada ketua umum beserta seluruh pengurus.

Ketua Pengurus Daerah (Pengda) NTT, Dr. Hyeron Fernadez menegaskan, setelah dilantik pengurus berkonsolidasi dengan semua organisasi profesi untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Setelah dikukuhkan IAKMI Cabang Manggarai Timur berpeluang untuk turut membantu  perumusan rekomendasi RPJMD.

“IAKMI Kabupaten Manggarai Timur harus bisa merumuskan rekomendasi untuk memberikan kontribusi pemikiran bagaimana membangun kesehatan masyarakat Kabupaten Manggarai Timur”, katanya.

Hyeron Fernandez menambahkan, peluang yang mesti dimanfaatkan pada awal periode ini adalah memperkenalkan organisasi ini di lembaga dewan. Lembaga perwakilan rakyat yang memiliki kewenangan anggaran, kewenangan pengawasan. Kewenangan untuk legislasi harus diinformasikan mengenai substansi  pembangunan kesehatan masyarakat melalui seminar atau lokakarya. Hal ini dimaksud agar memiliki pemahaman yang sama untuk pembangunan derajat kesehatan di Kabupaten Manggarai Timur.

“Kita punya peluang untuk masuk di lembaga dewan untuk memperkenalkan organisasi ini di periode 2019 – 2024. Kedepannya mesti dilakukan lokakarya atau seminar yang melibatkan mereka secara aktif, sehingga mereka juga terpapar dengan informasi kesehatan di Kabupaten Manggarai Timur. Hal ini mesti dilakukan agar selanjutnya kita punya pemahaman yang sama dalam upaya peningkatan derajad kesehatan masyarakat  Kabupaten Manggarai Timur, dan apa saja yang harus dilakukan,” katanya.

Sementara Ketua IAKMI Cabang Manggarai Timur, Dionisius Rahno, SKM,M.Ling mengatakan, agenda kita ke depan akan fokus pada pembenahan internal organisasi yakni status keanggotaan. Selain itu kita bertekad menjadikan IAKMI Manggarai Timur sebagai wadah peningkatan derajad kesehatan masyarakat.

“Saya berharap dengan adanya kepengurusan IAKMI yang dikukuhkan pada hari ini, IAKMI Matim bisa bangkit dan berlari dengan semangat baru demi mendukung terciptanya pembangunan di Kabupaten Manggarai Timur yakni Manggarai Timur yang sejahtera, berdaya dan berbudaya (MATIM SEBER). Kita dapat bekerja sama bahu membahu untuk menghidupkan organisasi kita ini.  Marilah kita saling koreksi bila di antara kita terjadi kesalahpahaman  atau berbeda pendapat. Semoga dengan pengukuhan hari ini bisa memberikan dampak positif yang membuat kita lebih maju lagi kedepannya,” kata Dion

Selanjutnya, Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur, dr Surip Tintin menegaskan agar kehadiran IAKMI Cabang Manggarai Timur harus dapat berkontribusi positif bagi pembangunan kesehatan di Kabupaten Manggarai Timur. Selain itu kehadiran IAKMI harus mampu mensejahterakan anggotanya dengan memberikan informasi dan/ atau memfasilitasi anggotanya menuju kehidupan yang lebih baik.

Pengurus yang dilantik adalah Ketua Umum Dionisius Rahno,SKM,M.Ling, Wakil Ketua Umum Petrus Subin,SKM, Sekretaris Umum Kanisius Kambulawang,SKM, Bendahara Umum Maria Fridolina Nassa,SKM.

IAKMI Cabang Manggarai Timur memiliki lima bidang yakni Bidang Kajian, Penelitian, Pengembangan Iptek dan Publikasi Ilmiah, Bidang Hubungan Kelembagaan, Kemitraan dan Media, Bidang Advokasi Kebijakan Politik dan Hukum Kesehatan, serta Bidang Humas dan Pengabdian Masyarakat, Bidang Keorganisasian dan Pembinaan Anggota.

(VM)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top