Daerah

Selain Usul Pemekaran Kelurahan, Ini Usulan Lain yang Dihasilkan Musrenbangkel Oebufu

TEROPONGNTT, KUPANG – Musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) Kelurahan Oebufu digelar, Kamis (21/2/2019). Sejumlah usulan yang menjadi prioritas pembangunan dihasilkan dalam musrenbangkel tersebut, termasuk usulan pemekaran Kelurahan Oebufu menjadi Kelurahan Oebufu dan Kelurahan Oepoi.

Musrenbangkel Oebufu dibuka Camat Oebobo, Bernadinus Mere dan dihadiri para Ketua RT/RW, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda, LPM kelurahan Oebufu, perwakilan instansi terkait dari Pemerintah Kota Kupang dan pihak terkait lainnya.

Lurah Oebufu, Zet Batmalo mengatakan, Kelurahan Oebufu memiliki 48 RT dan 11 RW dan masing-masing RT/RT menyampaikan usulan pembangunan masing-masing. Wilayah Kelurahan Oebufu juga cukup luas dan penduduknya sudah makin padat sehingga diusulkan pemekaran kelurahan.

Saat ini, kata Zet Batmalo, jumlah penduduk Kelurahan Oebufu sudah mencapai 13 ribu lebih sehingga layak untuk dimekarkan. Usulan pemekaran Kelurahan Oebufu bahkan sudah diusulkan sejak musrenbang Kelurahan Oebufu tahun sebelumnya.

Selain usulan pemekaran kelurahan, usulan lain yang dihasilkan dalam program pembangunan Kelurahan oebufu adalah infrastruktur jalan, drainase dan lampu jalan, pelatihan daur ulang sampah, juga pelatihan menjahit, montir sepeda motor dan kendaraan roda empat. Berbagai program pembangunan ini pencing untuk menciptakan masyarakat Kelurahan Oebufu yang sehat dan terus meningkat taraf hidup keluarganya.

Sementara Camat Oebobo, Bernadinus Mere dalam sembutannya, mengatakan kegiatan musrenbangkel sangat penting dan berguna, karena usulan yang dihasilkan akan dibahas dalam musrenbang tingat kecamatan dan musrenbang Kota Kupang.

Bernadinus Mere mengakui, masih banyak kebutuhan masyarakat di Kelurahan oebufu seperti infrastruktur jalan, drainase, lampu jalan dan kesehatan yang membutuhkan perhatian pemerintah. Karena itu, hasil musrenbangkel harus terus dikawal dan disampaikan kepada dinas atau lembaga terkait.

Ketua LPM Kelurahan Oebufu, Jezkiel Yoo berharap program prioritas yang diusukan dalam musrenbangkel bisa ditanggapi dan direalisasikan pemerintah Kota Kupang. Dirinya bersama pemerintah Kelurahan Oebufu akan terus mengawal hasil musrenbangkel sampai ketingkat Musrenbang Kota Kupang.

(em)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top