Daerah

Sapi Bali Jantan Penggemukan Usia 2 Tahun Keluar Sebagai Juara Kontes Ternak Sapi di Kota Kupang

TEROPONGNTT, KUPANG – Sebanyak 60 ekor sapi diikutkan dalam Kontes Ternak Sapi Tahun 2019 yang digelar pemerintah Kota Kupang. Pada pegelaran ini, Sapi Bali jantan usia 2 tahun dengan berat 371 kilogram milik Asar Dolu dari Kelurahan Sikumana, keluar sebagai juara pertama.

Kontes Ternak Sapi Tingkat Kota Kupang ini dipusatkan di wilayah Kelurahan Naioni, Kecamatan Alak dan diikuti 28 peserta dari 4 kecamatan. Pegelaran kontes ditutup Walikota Kupang, Jefry Riwu Kore yang ditandai dengan penyerahan hadiah bagi para juara.

Untuk kategori Sapi Bali Jantan Penggemukan, keluar sebagai juara 3 atas nama Bertus Nomleni dari Fatukoa dengan ternak sapi berusia 4 tahun dan berat 423 kg, juara 2 diraih Filter Ndolu dari Lasiana dengan ternak sapi berusia 3 tahun dan berat 308 kg. Sementara keluar sebagai juara pertama yakni Asar Dolu  dari Sikumana dengan ternak sapi berusia 2 tahun dan berat 371 kg.

Untuk kategori Sapi Bali Jantan Bibit, sebagai juara 3 adalah Mateos Ibu dari Belo dengan ternak sapi berusia 3 tahun dan berat 282 kg, juara 2 atas nama Bernadus Tokael dari Naioni dengan ternak sapi berusia 3 tahun berat 382 kg dan juara pertama diraih Frits Aluman dari Naioni dengan ternak sapi berusia 2 tahun dan berat 270 kg.

Sementara untuk kategori Sapi Bali Betina Induk,  juara 3 diraih Leo Baitanu dari Belo dengan ternak sapi berusia 4 tahun dan berat 275 kg, juara 2 diraih Veki Amnesi dari Naioni dengan ternak sapi berusia 3 tahun dan berat 235 kg serta juara pertama diraih Asar Ndolu dari Naioni dengan ternak sapi berusia 4 tahun dan berat 307 kg.

Walikota Kupang, Jefry Riwu Kore mengucapkan selamat kepada para juara saat menyerahkan hadiah. Kontes Ternak Sapi Tingkat Kota Kupang ini berlangsung selama dua hari dan ditutup Walikota Kupang, Jefry Riwu Kore, Rabu (26/6/2019) siang.

Kepala Dinas Pertanian Kota Kupang, Obed Kadji menyatakan, Kontes Ternak Sapi bertujuan meningkatkan minat dan memotivasi para peternak dan pelaku usaha bidang peternakan, meningkatkan produktivitas hasil peternakan, mengukur kemajuan dan perkembangan budidaya peternakan dan meningkatkan kemampuan kelompok peternak dalam budidaya ternak serta meningkatkan investor budidaya ternak di Kota Kupang. Sedangkan sasaran kegiatan adalah para peternak hewan besar (sapi) di Kota Kupang.

(EM)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top