Daerah

Robert Lemaking, Pria dengan Gagasan Mengubah NTT Jadi Taman Eden

FOTO : Robert Lemaking

TEROPONGNTT, KUPANG — Mimpi besarnya adalah mengubah NTT yang kering menjadi “Taman Eden” yaitu sebuah daerah yang subur dengan berbagai tanaman, teduh dan damai. Kecintaanya terhadap sektor pertanian pun telah membuat ia banting stir dari kepala sekolah menjadi seorang pegiat LSM.

“Kita harus berani bermimpi agar ada semangat untuk menggapai mimpi tersebut,” kata pria bernama lengkap Nikodemis Robertus Take Lemaking S.Pd.,M.Pd ini.

Ia adalah Direktur Kosultan Penyedia Jasa Layanan Teknis Desa ” CV Gasrem Surya Perdana” sekaligus Pegiat LSM Lentera Cidec, Bidang Pertanian dan Pemberdayaan Ekonomi.

Ia ingin mengajak kita semua, mari bercocok tanam di musim kemarau khusus wilayah NTT yang memiliki iklim semi arid ini, dengan hasil yang lebih maksimal menggunakan komoditi unggulan.

“Alokasi dana desa yang cukup besar memungkinkan masyarakat desa dapat bangkit dan sejahtera. Salah satu alternative yang kita tawarkan adalah dengan mengelolah lahan tidur di pedesaan menjadi lahan yang produktif. Kita dapat mengadopsi teknologi irigasi tetes yang selama ini diterapkan di Israel,” katanya.

Teknologi yang selama ini digunakan oleh negara Israel, yang memiliki geografi lahan padang pasir gurun dan tandus, tetapi mereka berhasil menjadi penjual buah-buahan dan sayur-sayuran terbesar ke 4 di dunia. Padahal jika kita ingin menanam tanamanan pasti membutuhkan “Air yang banyak.

“Dari mana bangsa Yahudi ini mendapatkan air dan bagaimana cara tanaman ini bisa tumbuh subur di padang pasir ataupun tanah yang dianggap tandus? Mengapa NTT yang bukan padang pasir tidak dapat berhasil?,” tanya pria yang lebih dikenal dengan sapaan Robert Lemaking ini.

Kunci utama sebenarnya, kata Robert Lemaking, ada pada teknologi tepat guna dan daya juang masyarakat setempat. Masing-masing kepala desa hendaknya membuka akses pada semua pihak yang ingin membantu dengan teknologi ini.

“Kita tidak boleh menggantungkan harapan kita hanya pada belas kasihan dari pemerintah. Kita harus mampu berdiri di atas kaki sendiri,” kata Robert Lemaking.

Ia menghimbau kepada semua desa yang ingin bercocok tanam pada musim kemarau dengan teknologi dan jenis lahan seperti yang diuraikan diatas silahkan menghubungi CV. GASREM SURYA PERDANA  dengan Garansi 3 tahun. Atau dengan menghubungi telepon : 082144413282 / 081353862278 dan atau email : robertuslemaking27@gmail.com.

(*)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top