Pendidikan

Ribuan Guru SMA Kota Kupang Dapat Vaksin di Universitas Citra Bangsa (UCB)

TEROPONGNTT, KUPANG — Universitas Citra Bangsa (UCB), menjadi salah satu tempat yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan lewat Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kupang dan Dinas Kesehatan Provinsi NTT serta Dinas Kesehatan Kota Kupang sebagai tempat vaksinasi khusus untuk para guru SMA se – Kota Kupang. Kegiatan ini dilaksanakan selama 8 hari, dari hari Senin 22 Maret 2021 sampai hari Rabu  31 Maret 2021.

Ketua Satgas Covid-19 UCB, Arman Lette dalam keterangannya di hari terakhir vaksinasi, menyebutkan bahwa ribuan orang telah berhasil divaksinasi

“Target peserta awal adalah 1.500 orang. Dalam sehari peserta yang dapat dilayani mencapai 150 orang. Jadi hingga hari terakhir ini kita sudah layani ribuan orang. Adapun sasaran utama dalam kegiatan vaksinasi ini adalah guru dan dosen. Jumlah sekolah menengah atas (SMA) yang telah mendaftar mencapai 30 SMA se-Kota kupang, ditambah dengan pihak Yayasan CBIM, TK, SD, SMP dan SMA Citra Bansga serta UCB sendiri,” jelas Arman.

Kegiatan vaksinasi ini melibatkan kerjasama antara Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Yayasan CBIM, UCB, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Kupang dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kupang-Provinsi NTT.

Wakil Ketua IBI Kota Kupang, Mery Flora Ernestin SST.,M.Kes, memberikan dukungan penuh dalam kegiatan ini. “Kita memberikan dukungan penuh dalam kegiatan ini. Tenaga yang bertugas memberikan vaksin kita minta dari teman-teman IBI Kota Kupang secara sukarela. Kami senang karena dari hari pertama guru SMA se-kota Kupang begitu antusias dalam kegiatan vaksinasi ini.  Terlihat dari jam 7 pagi sudah ada guru yang datang ke lokasi vaksinasi dan mengantri untuk mendapatkan pelayanan,” jelas Mery.

Ada pun tenaga dari UCB yang ikut dalam kepanitian antara lain; Novriana Manulangga S.Kep,Sisilia Bili S.Kep.,Ns, Yohana Ladjar, S.ST, Hironima N. Fitri S.ST.,M.Keb dan Irience Rachel A. Manongga SE, M.M. Terlibat juga para dosen Baik Prodi Ners maupun kebidanan.

Dari hasil pantauan peserta dengan tertib mengantri dari meja 1 hingga meja 4 dengan protocol Kesehatan yang ketat. Tidak ada kendala yang berarti selama pelaksanaan vaksin. Proses vaksinasi dilakukan dalam 4 meja. Meja 1 merupakan meja pendaftaran, Meja 2 merupakan meja pemeriksaan Tanda-tanda vital dan proses screening oleh dokter, Meja 3 merupakan meja pelaksanaan vaksin dan meja 4 merupakan meja observasi.

Pada meja 4 peserta yang telah menerima vaksin akan diobservasi salama 30 menit, sebelum akhirnya diberikan kartu vaksin. Jumlah akhir yang terlayani sebanyak 1.220 orang. Sejauh ini tidak ada keluhan yang berarti dari para peserta vaksin.

(*)

 

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top