Daerah

Puskesmas Penfui Salurkan 5.000 Kelambu Bagi Masyarakat

TEROPONGNTT, KUPANG – Sebanyak 5.000 kelambu bantuan Global Fund disalurkan Puskesmas Penfui kepada warga di tiga kelurahan dalam wilayah Kecamatan Maulafa, Kota Kupang.  Kelambu bermanfaat memberi perlindungan terhadap nyamuk, lalat dan serangga lainnya sehingga warga terhindar dari penyakit malaria dan filariasis.

Tiga kelurahan yang termasuk wilayah kerja Puskesmas Penfui yakni Kelurahan Penfui, Kelurahan Naimata dan Kelurahan Maulafa. Pembagian kelambu dilakukan di puskesmas pembantu (pustu) dan kantor kelurahan masing-masing.

“Pembagian kelambu bantuan Global Fund dilakukan serentak melalui semua puskesmas di Kota Kupang. Untuk Puskesmas Penfui, kami menyalurkan 5.000 kelambu kepada warga di tiga wilayah kelurahan yang menjadi wilayah kerja Puskesmas Penfui. Jumlah kelambu yang dibagikan di tiap kelurahan tergantung jumlah kepala keluarga (KK),” kata penanggung jawab pembagian kelambu Puskesmas Penfui, Ria Luangkaly ketika ditemui di Pustu Naimata, Rabu (12/10/2016) siang.

Menurut Ria, pembagian kelambu dilakukan secara terjadwal di tiga kelurahan. Mulai dari Kelurahan Naimata pada, Rabu (12/10/2016), Kelurahan Maulafa pada Kamis (13/10/2016) dan terakhir pembagian kelambu untuk warga Kelurahan Penfui pada Jumat (14/10/2016).

“Kami senang melihat warga beramai-ramai antrian untuk mendapatkan kelambu. Itu berarti warga menyadari pentingnya kelambu bagi perlindungan terhadap nyamuk, lalat dan serangga lainnya. Apalagi, warga Kota Kupang sering mengalami penyakit DBD dan malaria akibat gigitan nyamuk,” kata Ria.

Ria berharap, kelambu yang diterima dan dibawa pulang, benar dipakai sesuai kegunaanya. Bukan malah disimpan begitu saja.  “Global Fund  merupakan lembaga pembiayaan internasional yang juga memberi perhatian terhadap menyakit malaria. Kami di tingkat puskesmas bertugas menyalurkan bantuan kelambu kepada masyarakat,” tambah Ria. (nia)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top