Daerah

Pulau Kinde di Maukaro Ende Punya Taman Laut yang Cantik

TEROPONGNTT, ENDE – Kabupaten Ende memiliki sebuah pulau kecil di wilayah Kecamatan Maukaro dengan nama Pulau Kinde. Ternyata, Pulau Kinde punya taman laut yang cantik dengan berbagai jenis ikan yang menarik. Meski bukan tempat wisata, pulau ini berpotensi menjadi tempat wisata.

Seorang pecinta alam bernama Yessi Oktiari pernah berkunjung ke Pulau Kinde ini dua tahun lalu, tepatnya Sabtu, 25 Oktober 2014. Perihal kunjungannya ke Pulau Kinde diceritakan Yessi Oktiari dalam website-nya http://yechioktiari.tumblr.com. Dalam web-nya, Yessi menulis, tidak banyak yang tahu tentang pulau ini. Hanya orang-orang yang tinggal di Maukaro dan sekitarnya saja yang tahu.

Yessi Oktiari adalah seorang dokter jebolan Fakultas Kedokteran (FK) UNS. Yessi juga pernah bekerja sebagai Dokter PTT Pusat di Pkm Wolojita, Kabupaten Ende dan pernah pula bekerja di RB & BP Soemarmo Husada, Wonogiri, Jawa Tengah. Yessi tergabung dalam Perhimpunan Mahasiswa Pecinta Alam Vagus FK UNS. Sejumlah tempat wisata di wilayah NTT pernah ia kunjungi.

Seperti dikutip dari http://yechioktiari.tumblr.com, Minggu (6/11/2016), Pulau Kinde adalah sebuah pulau kecil yang terletak di bagian utara Kecamatan Maukaro, Kabupaten Ende, NTT. Pulau Kinde yang berlokasi di Teluk Maukaro ini punya taman laut yang cantik dengan berbagai jenis ikan yang bisa kita temui.

“Sayangnya, saya bukan penggiat alam bawah laut jadi pengetahuan tentang jenis ikan dan terumbu karang sangat kurang. Paling cuma tau clown fish hehehe. Dan sayangnya lagi, saya belum punya kamera bawah air yang bisa mengabadikannya. Tapi Pulau Kinde deket kok, nanti kalau sudah punya kamera yang mendukung bisa ke sana lagi hehe..,” tulis Yessi.

Menurut Yessi, pulau Kinde bukan tempat wisata, sehingga untuk pergi ke pulau itu, ia dan beberapa temannya harus menyewa kapal motor nelayan untuk mengantar ke sana. Alat-alat snorkeling serta pelampung juga harus mereka bawa sendiri, begitu juga dengan bekal serta makan siangnya.

“Kalau mau ke Pulau Kinde kita harus ke pusat Kecamatan Maukaro terlebih dahulu, baru mencari nelayan yang mau mengantar ke Pulau Kinde dengan kapalnya. Dari Kota Ende ke Maukaro membutuhkan waktu 3 jam perjalanan. Jangan kaget dengan jalan yang hancur ketika memasuki Kecamatan Maukaro. Begitulah tipe jalanan di kecamatan di Flores,” tulis Yessi.

Dalam tulisannya, Yossi menyebut, jalan yang paling bagus cuma di jalur Trans Flores. Kalau mau naik angkutan umum dari Ende atau Maumere menuju Maukaro bisa naik oto kayu alias bis kayu alias truk yang disulap jadi angkutan penumpang.

“Tapi siap-siap ya, penumpangnya bukan cuma manusia, ada juga sapi dan ayam serta babi hehehe. Dan angkutan semacam ini tidak ada pintunya. Pintunya ya lewat jendela,” tulis Yessi.

Informasi lain juga menyebutkan, Pulau Kinde merupakan pulau kecil tak berpenghuni. Pulau ini tepat berada di depan pantai Maukaro yang juga merupakan salah satu pantai wisata di Kabupaten Ende. Jika pantai wisata Maukaro berkembang dan dikelola baik sebagai pantai wisata, sangat mungkin Pulau Kinde menjadi daya tarik yang mendukung berkembangnya kawasan wisata Pantai Maukaro. (nia)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top