Daerah

Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah, Politeknik Negeri Kupang Ciptakan Mesin Katrol Multi Fungsi Sistim Portable

FOTO : Mesin Katrol Multi Fungsi Sistim Portable yang diciptakan Politeknik Negeri Kupang (PNK).

TEROPONGNTT, KUPANG — Melalui Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD) yang didanai Direktorat Riset dan Pengembangan (DRPM)- Kemenristekdikti, Politeknik Negeri Kupang (PNK) menciptakan Mesin Mesin Katrol Multi Fungsi sistim Portable. Alat ini diberikan kepada UKM Batu Alam yang berlokasi di Daerah Fatululi, Kota Kupang, NTT.

Adapun mesin ini diciptakan melalui suatu proses rancangan detail dengan penyempurnaan dari mesin serupa yang ada dipasaran. Dimana mesin katrol ini dengan ukuran dan bentuk yang dinamis namum dalam proses kerja sangat maksimal. Harapannya mesin ini hanya untuk mengangkut bahan-bahan dan batu-batu alam NTT yang digunakan di Industri kerajinan UKM Batu Alam dalam membantu mobilitas perpindahan obyek kerja, namum setelah dilakukan uji performance, ternyata mesin ini mampu juga digunakan untuk memindahkan alat dan peralatan yang kapasitas besarnya besar sehingga jadinya multi fungsi.

Ukuran mesin ini kurang lebih 1 meter persegi dengan tinggi 40cm dan bisa dibongkar pasang dan mudah dalam operasional, sehingga sangat efektif dalam membantu meningkatkan kinerja usaha Industri kerajinan Batu Alam.

Produktivitas usaha dan target capaian di UKM Batu Alam Fatululi meningkat drastis rata-rata lebih dari 30% per tahun sejak di bantu melalui program Pengabdian kepada Masyarakat PPPUD termaksud investasi peralatan.

“Politeknik Negeri Kupang, telah banyak membantu kami melalui program PPPUD selama 3 tahun terakhir berupa dukungan Teknologi inovasi pembuatan mesin-mesin yang dibutuhkan dalam proses produksi sehingga produktivitas, omzet dan asset meningkat dari tahun ke tahun. Penguatan mesin dan peralatan selama ini berupa 2 unit mesin pemotong dan perata kapasitas besar, 2 unit mesin pemotong dan perata sistim portable rel, 15 unit troli pengangkut batu alam, 10 unit mal cetakan besi tipe variasi untuk step stone, 1 unit mesin strapping batu kemasan, 1 unit mesin bor, 1 unit mesin gurinda, 1 unit mesin katrol sistim portable serta penguatan manajemen usaha berupa dukungan fasilitas usaha dan promosi seperti papan reklame, neon box, pemfleat, dll. Oleh karena itu kami sangat berterima kasih kepada PNK dan Kemenristekdikti untuk Dukungan pada kami masyarakat sehingga usaha kami sekarang sudah masuk dalam produk ekspor ke beberapa negara tetangga seperti Timor Leste dan saat ini sementara diupayakan ke Australia” ujar Pemilik UKM Batu Alam, Pak Purwanto.

Ketua pelaksana program, Dr. Adrianus Amheka menyampaikan tujuan program ini adalah untuk memberi dukungan kepada masyarakat melalui program Pengabdian kepada Masyarakat khususnya untuk UKM Batu Alam Fatululi kota Kupang dalam meningkatkan produktivitas kerajinan batu alam untuk pengembangan produk pangsa ekspor, dengan demikian nilai tambah inovasi kampus bisa yang ditransfer melalui produk mesin dan peralatan teknologi tepat guna sehingga bisa langsung digunakan untuk kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu Direktur PNK, Nonce Farida Tuati, menyampaikan bahwa PNK secara terus-menerus mendukung berbagai upaya inovasi dalam kampus melalui Tridarma perguruan tinggi untuk bisa berkontribusi kepada ekonomi masyarakat umum, sehingga secara melembaga PNK akan tetap eksis dalam mendukung semua program pemerintah baik di daerah mapun tingkat nasional bahkan internasional dikemudian hari sesuai dengan tugas, tanggungjawab dan wewenang yang diberikan.

(*)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top