Daerah

Prodi Pendidikan Teknik Informatika Komputer (TIK) Universitas Citra Bangsa (UCB) Bisa Jadi Pusat Rujukan di Wilayah Timur Indonesia

TEROPONGNTT, KUPANG — Program Studi (Prodi) Pendidikan Teknik Informatika Komputer (TIK) Universitas Citra Bangsa (UCB) adalah satu-satunya program studi yang ada di NTT. Tidak ada perguruan tinggi lain, baik swasta maupun Negeri yang memiliki program studi ini, bahkan di kawasan Timur Indonesia.

Hal ini diungkapkan oleh Asesor Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT), Prof. Dr. Samsul Hadi,MT.,M.Pd dan Dr.Dra. R Dini Siti Fatima,MT ketika melakukan visitasi Prodi Pendidikan Teknik Informatika Komputer (TIK) di UCB Kupang, Jumat (26/7/2019).

“Pendidikan Teknik Informatika Komputer (TIK) masih jarang di Indonesia. NTT dan kawasan Indonesia Timur mungkin hanya ada di sini saja. Jadi sebenarnya ini modal yang baik untuk pengembangan ke depan. Prodi ini merupakan perpaduan antara bidang kependidikan dan juga teknik komputer,” kata Dr.Dra. R Dini Siti Fatima, MT.

Jika nanti prodi ini mengikuti semua ketentuan yang ada,  maka menurut Siti Fatima, prodi ini bisa menjadi pusat pengembangan keilmuan pendidikan teknik informatika komputer, yang menjadi pusat rujukan di wilayah timur Indonesia.

Hal senada diungkapkan oleh Prof. Dr. Samsul Hadi,MT.,M.Pd. Menurut Prof Samsul, tugas BAN PT adalah memotret pengelolaan pendidikan termasuk di Universitas Citra bangsa (UCB). Sehingga diharapkan, pengelola dapat berpartisipasi aktif menjadikan prodi Pendidikan TIK sebagai prodi berkelas di wilayah NTT dan Indonesia Timur.

“Kesannya baik. Kami berdua adalah utusan BAN PT. Tugas kami memotret pengelolaan pendidikan  di sini. Apabila ada kekurangan kami akan beritahu untuk segera dibenahi. Penilaian ini dilakukan secara terbuka. Apakah Pengelolah membuat program tahunan atau tidak dan apakah sudah berpatokan pada form akreditasi atau tidak. Jadi sederhana sebenarnya. Semoga Bapak/Ibu pengelolah dapat berpartisipasi aktif sehingga dapat menjadikan prodi ini berkelas di wilayah ini,” jelas Samsul.

Ketua Yayasan Citra Bina Insan Mandiri Kupang, Ir. Beni Ndoen Mbuik M.Si menegaskan saat ini Prodi Pendidikan TIK sudah menjadi bagian dari UCB. Kedepan yayasan akan memberi perhatian serius terutama fasilitas dan sumber daya lainnya guna menunjang keberlangsungan prodi pendidikan TIK.

“Kami dari Yayasan CBIM mengucapkan selamat datang kepada Bapak/Ibu Asesor. Saat ini prodi Pendidikan TIK baru saja bergabung atau disatukan menjadi bagian dari Universitas Citra Bangsa. Dengan ini ke depan kami akan berjuang memberikan semua fasilitas serta sumberdaya lainnya guna menunjang keberlangsungan prodi yang istimewa ini,” komit Beni.

Mantan Ketua STKIP CBN, Drs. Mathias Centis Belella, M.Si menyatakan, kedatangan tim asesor merupakan berkat terindah dari Tuhan. “Ini berkat terindah dari Tuhan. Semua prodi kami akhirnya telah diakreditasi. Ini prodi terakhir yang mendapat kunjungan asesor. Sekali lagi kami berterima kasih atas respon baik dari BAN PT. Sebab sebetulnya kami telah mengajukan akreditasi ini sejak Tahun 2017 yang lalu. Semoga dapat memberikan hasil yang baik bagi prodi ini ke depannya,”  kata Balela.

Hal senada diungkapkan oleh Wakil Rektor I UCB, dr. Frans Salesman SE.,M.Kes. “Puji Tuhan akhirnya prodi lanka dan istimewaan ini diakreditasi juga. Ke depan prodi ini harus menjadi unggulan sebab ini prodi satu-satunya yang ada di NTT dan bahkan di wilayah Timur Indonesia. Kebutuhan guru komputer sangat tinggi sebab semua sekolah pasti membutuhkannya. Bukan hanya sekolah saja tetapi juga aparat Desa. Sebab semua laporan membutuhkan ahli dibidang ini,” terang Salesman

(VM)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top