Daerah

Prodi Bidan Universitas Citra Bangsa (UCB) Raih Akreditasi B

TEROPONGNTT, KUPANG — Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) memberikan Akreditasi B kepada Prodi D3 Kebidanan Universitas Citra Bangsa (UCB). Hal ini tertuang dalam SK LAM PTKes Nomor 0724/LAM-PTKes/Akr/Dip/XII/2019 yang keluar pada akhir Desember 2019.

Rektor UCB Dr. Jeffrey Jap,drg.M.Kes ketika dikonfirmasi menjelaskan, Akreditasi B merupakan wujud nyata tanggungjawab institusi kepada masyarakat.  “Ini merupakan perwujudan  pertanggung jawaban moral dalam pengelolaan institusi pendidikan kepada  public. Kami menjawab itu dengan memberikan peringkat akreditasi terbaik dari yang bisa diberikan,” kata Jeffrey.

“Kami juga tentunya memastikan mutu penyelenggaraan  pendidikan pada tracknya dengan bukti prosentase kelulusan ukom  selalu lebih tinggi.  Akreditasi B dan lulusan uji kompetensi yang tinggi Ini merupakan 2 parameter yang berjalan sinergis di UCB.  Dan ini menjadi  parameter jaminan kualitas dan mutu. Sekali lagi kami di UCB sangat komit dengan hal tersebut,” jelas Jeffrey.

Ia melanjutkan, UCB tidak menjamin lulusan 100% tetapi lulusan yang berkompeten dan dapat bekerja professional dibidangnya. “Kami tidak menjamin lulus 100% tepat waktu, tetapi sebaliknya kami melawan fals postif ini dengan mengharuskan anak didik kami benar-benar berkompeten, terampil dibidangnya dan dapat bekerja dengan sepenuh hati dilapangan”. Jelas Jeffrey yang selalu memiliki pandangan melawan arus ini.

“Dengan akreditasi B kami akan berproses untuk mengusulkan membuka S1 Kebidanan,” tegas Jeffrey.

Hal yang sama diakui Ketua Program Studi Kebidanan UCB, Mery Flora Ernestin, SST,.M.Kes. “Kami sangat bangga dengan hasil yang diperoleh ini. Semua hasil ini tidak lepas dari campur tangan semua pihak mulai dari yayasan, rektorat hingga semua civitas akademika UCB. Juga kami berterima kasih kepada mitra kerja kami di lahan, rumah sakit, puskesmas dan masyarakat umum yang tidak dapat kami sebut satu persatu. Kami menyadari ini merupakan tantangan bagi kami ke depan karena kami harus mempertahankan predikat ini atau mungkin lebih meningkatkannya lagi. Ini tugas berat dan butuh komitmen dan kerja sama semua pihak,” jelas Mery.

Ketua Tim Task Force Akreditasi Prodi Kebidanan, Jannes Bastian Selly, S.Pd, M.Si., M.Kes menjelaskan, kesiapan Prodi Kebidanan UCB dalam menghadapi akreditasi benar-benar memenuhi 7 standar yang ditetapkan. “Prodi Kebidanan UCB telah siap untuk akreditasi ini sehingga semua standar telah dipersiapkan dengan baik. Memang masih ada satu dua kekurangan tetapi ini menjadi catatan untuk perbaikan ke depan,” jelas Janes.

(VM)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top