Daerah

PPP Buka Pendaftaran Pilkada Kabupaten

TEROPONGNTT, KUPANG — Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mulai membuka pendaftaran bagi pencalonan kepala daerah di tingkat kabupaten. Konsentrasi PPP pada pilkada kabupaten difokuskan di empat kabupaten yakni Alor, Sikka, Sumba Barat Daya dan Rote Ndao karena ada keterwakilan kursi di DPRD setempat.

Sementara di pilgub NTT dan pilkada enam kabupaten lainnya, PPP hanya sebagai partai pendukung, bukan sebagai pengusung karena tidak ada keterwakilan kursi  di dewan. Pendaftaran bagi pencalonan kepala daerah tingkat kabupaten berlangsung selama tanggal 1-14 Juni 2017.

Hal ini dikatakan Sekertaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP NTT, Kasim Bapang di Sekretariat DPW PPP NTT, Rabu (31/5/2017). Turut hadir saat Kasim Bapang mengatakan hal ini yakni, Wakil Ketua Bidang Organisasi, Keanggotaan dan Kaderisasi, Abu Lamahoda dan Wakil Ketua Bidang Agama dan Dakwa, Haji Abdul Madjid Baletti.

Menurut  Kasim Bapang, pembukaan pendaftaran calon bupati dan wakil bupati sesuai dengan instruksi dari DPP PPP menyangkut pilkada gubernur dan pilkada kabupaten tahun 2018. Untuk pilkada di NTT, konsentrasi PPP memang pada pilkada kabupaten karena dari 10 kabupaten penyelenggara pilkada, PPP punya wakil di dewan pada empat kabupaten  yakni Alor (2 kursi), Sikka (1 kursi), Sumba Barat Daya (3 kursi) dan Rote Ndao (2 kursi).

Sementara untuk pilgub NTT dan pilkada di 6 kabupaten lainnya, kata Kasim Bapang, PPP mengambil peran  sebagai partai pendukung. Meskipun proses pembukaan pendaftaran pilkada di enam kabupaten lainnya juga sama yakni tanggal 1-14 Juni 2017.

“Siapapun yang mau mendaftar silahkan mengambil formulir pendaftaran terutama di 4 kabupaten yang posisi PPP sebagai pengusung yakni, Alor, Sikka, SBD dan Rote Ndao. Kabupaten lain yang kita tidak ada kursi tentu jadi pendukung saja. Jadwal pengambilan formulir tanggal 1-10 Juni dan pendaftaran tanggal 11-14Juni. Setelah itu ada mekanisme berikutnya para figur menyampaikan visi dan misinya di hadapan pengurus DPC,” kata Kasim.

Tentang pilgub, Kasim Bapang mengatakan, saat ini beberapa bacagub sudah membangun komunikasi untuk PPP menjadi pendukung. Figur yang sudah komunikasi yakni, Ir. Esthon L Foenay, Drs. Kristo Blasin dan Dr. Beni K Harman, sementara figur lainnya belum ada. PPP  hanya bisa menjadi partai pendukung dan bukan pengusung karena keterwakilan anggota di DPRD NTT tidak ada.

Soal koalisi permanen, Kasim Bapang mengatakan, belum tentu karena kebutuhan di tingkat daerah sangat berbeda. Semuanya tergantung dari hasil rapat pimpinan cabang untuk menentukan sikap ke parpol mana PPP berkoalisi nanti.

Khusus pilkada kabupaten, PPP punya kader yang didorong maju bertarung hanya di Sumba Barat Daya yakni Oktovianus Jarambu menjadi bakal calon wakil bupati. (erawati)

 

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top