Daerah

PKBM Gading Taruna Gelar Pelatihan Gerakan Kampung Literasi Berbasis Pertanian di Belo

TEROPONGNTT, KUPANG – Pelatihan Gerakan Kampung Literasi Berbasis Pertanian digelar di Kantor Kelurahan Belo, Kota Kupang, Kamis (29/9/2016) siang. Pelatihan ini digelar Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Gading Taruna bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Kupang.

Kadis Pendidikan Kota Kupang, Jerhans Ledoh membuka sekaligus membawa materi pada pelatihan yang diikuti sekitar 50-an petani warga binaan PKBM Gading Taruna tersebut.  Kegiatan ini juga diikuti Rumah Pintar serta utusan PKBM di Kota Kupang.

Kampung Literasi merupakan suatu kawasan atau wilayah yang digunakan untuk mewujudkan masyarakat melek aksara sehingga memiliki pengetahuan dan pemahaman yang lebih luas. Melalui gerakan kampung literasi, budaya membaca warga Kelurahan Belo dan sekitarnya menjadi semakin ditingkatkan.

Kadis Pendidikan Kota Kupang, Jerhans Ledoh menyambut baik adanya kegiatan pelatihan Gerakan Kampung Literasi yang dicanangkan PKBM Gading Taruna. Budaya membaca penting bagi masyarakat agar masyarakat menjadi  pintar dan berpengetahuan serta berwawasan luas.

Sementara pimpinan PKBM Gading Taruna, Goris Takene mengatakan, Gerakan Kampung Literasi bertujuan memberikan layanan informasi dan ketrampilan kepada masyarakat sehingga memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas. Disebut berbasis pertanian, karena sebagian besar warga Kelurahan Belo dan sekitarnya berprofesi sebagai petania dan membutuhkan informasi pengetahuan tentang usaha pertanian.

“Warga bisa mendapatkan pengetahuan tentang pertanian melalui membaca buku-buku terkait masalah pertanian. Kami berharap kegiatan ini membawa manfaat bagi masyarakat Belo dan sekitarnya,” kata Takene. (nia)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top