Daerah

Peringatan Hari Pangan Sedunia Ke-37 Berlangsung Meriah di Kalabahi Alor

TEROPONGNTT, KUPANG – Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-37 dan Pameran Pangan Lokal Tingkat Provinsi NTT Tahun 2017 berlangsung meriah di Kota Kalabahi, Kabupaten Alor. Peringatan HPS ke-37 diwarnai berbagai kegiatan lomba ini dan dibuka Wakil Gubernur NTT, Benny A Litelnoni di Lapangan Mini Teluk Mutiara Kalabahi, Selasa (11/7/2017).

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur NTT, Benny A Litelnoni mengatakan UU No 18 Tahun 2012 tentang Pangan mengamanatkan bahwa perwujudan ketahanan pangan merupakan tanggung jawab pemerintah dan masyarakat. Oleh karena itu,  pemerintah provinsi berupaya mendukung upaya perwujudan ketahanan pangan di tingkat kabupaten sampai ke tingkat desa.

Peringatan HPS ke-37 tingkat Provinsi NTT mengusung tema, “Pengembangan Pangan Lokal Menjamin Kecukupan Pangan menuju NTT yang bermartabat dan berdaulat pangan”, dengan moto “Jadikan Pangan Lokal sebagai Pangan Kebanggaan Orang NTT”.

Sementara Ketua Panitia Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-37 dan Pameran Pangan Lokal Tingkat Provinsi NTT Tahun 2017, Paulus da Silva, S.Pt dalam laporannya mengatakan, berbagai kegiatan yang digelar pada Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-37 dan Pameran Pangan Lokal Tingkat Provinsi NTT Tahun 2017 di Kabupaten Alor meliputi, jalan sehat dan senam masal, penyerahan bantuan dan penghargaan, kunjungan lapangan, pengawasan keamanan pangan, pameran dan bazar, lomba stand, lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal, dan lomba cipta menu jajanan kreatif berbasis pangan lokal non beras dan non terigu, kampanye/glar promosi pengembangan pangan local. Selain itu juga, lomba tarian kreasi pangan lokal dan pemilihan duta pangan lokal Provinsi NTT.

Kegiatan Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-37 dan Pameran Pangan Lokal Tingkat Provinsi NTT Tahun 2017 di Kalabahi Kabupaten Alor berlangsung selama tanggal 11- 13 Juli 2017 dan dimaksudkan untuk mendorong motivasi dan partisipasi seluruh stakeholder dalam upaya pemantapan ketahanan pangan.

Pada acara pembukaan Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-37 dan Pameran Pangan Lokal Tingkat Provinsi NTT Tahun 2017 ini, beberapa instansi terkait menyerahkan bantuan secara simbolis kepada sejumlah Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan)  dan Kelompok Tani di Kabupaten Alor. Bantuan berupa, benih padi inpari 30 dari BPTP litbang NTT, ternak sapi betina, benih pakan, polybag dan vaksin hotcollera dari Dinas Peternakan Provinsi NTT, Dana hibah program Desa Mandiri Anggur Merah, benih jagung hibrida dari Dinas Pertanian Provinsi NTT, 1 kg Gula kemasan dan 1 Liter minyak Bimoli kepada 100 kk dari Dinas Perdagangan Provinsi NTT, dan dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTT memberikan bantuan dana PUPM dan KRPL ke kabupaten/kota se NTT.

Hadir pada kegiatan ini, Wakil Ketua DPRD NTT, Gabriel Beri Bina, Bupati dan Wakil Bupati Alor, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten/Kota se-NTT, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi NTT dan kabupaten/kota se Provinsi NTT, para Pejabat Sipil, TNI dan Polri, Ibu Wakil Ketua Tim Penggerak PKK se-Provinsi NTT, Ibu Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten/kota se-Provinsi NTT, Para peserta dari 22 Kabupaten/kota, Camat, Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Alor, Para Pimpinan Lembaga Keagamaan, Tokoh Masyarakat, Pimpinan Lembaga Swadaya Masyarakat, Pimpinan BUMN, BUMD, Pemuda, Pelajar, Mahasiswa dan warga masyarakat Kabupaten Alor. (*/new.bkpp.nttprov.go.id/)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top