Daerah

Peringatan Dini BMKG, Waspada Potensi Gelombang Tinggi di Wilayah Perairan NTT Jelang Tahun Baru 2019

TEROPONGNTT, KUPANG –Gelombang tinggi di wilayah perairan Nusa Tenggara Timur (NTT) berpotensi terjadi perairan bagian selatan hingga barat hingga awal Januari 2019. Sementara potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang terjadi di wilayah Atambua (Belu), Kalabahi (Alor) dan Kefamenanu (TTU).

Demikian peringatan dini cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang dikutip Teropongntt.com dari website www.bmkg.go.id, Kamis  (27/12/2018). Peringatan dini BMKG ini penting diketahui karena NTT meruakan wilayah kepulauan dengan moda transporasi laut paling banyak digunakan masyarakat untuk bepergian.

Sementara dalam siaran persnya berjudul “Musim Hujan Datang Menyapa, Tingkatkan Waspada Bencana,” menyebutkan,  peningkatan curah hujan yang terjadi pada musim hujan, berpotensi menimbulkan bencana hdirometeorologi di sebagian besar wilayah Indonesia.  Berdasarkan pemutakhiran data BMKG tanggal 13 Desember 2018, sebanyak 62 persen wilayah Indonesia dinyatakan sudah memasuki musim hujan, relevan dengan prakiraan musim hujan yang sudah diinformasikan sebelumnya.

Deputi Bidang Klimatologi, Drs. Herizal mengatakan, hingga akhir Desember 2018, pada umumnya terjadi sirkulasi monsoon angin Baratan di Indonesia. Sedangkan, daerah lainnya didominasi angin timuran mulai dari Sumatera bagian selatan, Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara. Sementara di selatan ekuator didominasi angin dari selatan.

Sementara pantauan wartawan Teropongntt.com, hujan disertai angin sempat mengguyur Kota Kupang pada Kamis (27/12/2018) pagi. Meski demikian, menjelang siang hari cuaca kembali berawan disertai hujan rintik. Tidak terjadi lagi tiupan angin.

(*/max)

 

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top