Daerah

Perahu Motor Pengangkut Penumpang di Perairan NTT Juga Berhak Atas Perlindungan Jasa Raharja

TEROPONGNTT, KUPANG – Semua angkutan umum baik di darat, laut maupun udara berhak atas perlindungan keselamatan dari Jasa Raharja. Perahu motor yang mengangkut atau membawa penumpang di perairan wilayah NTT juga berhak atas perlindungan yang sama dari Jasa Raharja.

Hal ini dikatakan Kepala Cabang PT Jasa Raharja (Persero) NTT, Prastio Surahmanto, SE,QIA saat ditemui di kantornya, Senin (15/4/2019). Asalkan, kata Prastio Surahmanto, alat transportasi laut berupa perahu motor tersebut mengantongi ijin angkutan umum dari dinas perhubungan dan lembaga terkait lainnya.

“Jasa Raharja bekerja sesuai aturan UU Nomor 33 Tahun 1964 dan UU Nomor 34 Tahun 1964 dalam memberi perlindungan terhadap penumpang angkutan umum baik di darat, laut maupun udara. Karena itu, kalau angkutan laut berupa perahu motor yang tidak memiliki ijin dari dinas perhubungan tidak bisa mendapat jaminan perlindungan dari Jasa Raharja,” kata Prastio Surahmanto.

Padahal, kata Prastio Surahmanto, mestinya penumpang perahu motor mendapat pertanggungan jaminan keselamatan dari Jasa Raharja, karena besarnya tarif angkutan umum tersebut dipungut dari penumpang berdasarkan peraturan daerah (perda) setempat. Dimana, besarnya iuran jaminan keselamatan jasa Raharja sudah termasuk dalam besarnya tarif angkutan umum yang dipungut kepada penumpang.

Terkait hal ini, PT Jasa Raharja Cabang NTT juga tengah membangun kesepakatan dengan angkutan penumpang perahu motor jurusan Pelabuhan Tenau Kupang-Pelabuhan Ansisi Pulau Semau. Penandatanganan MoU antara pihak pengusaha perahu motor dengan PT Jasa Raharja Cabang NTT sudah dilakukan pada, Jumat (15/3/2019).

“Kita berupaya melaksanakan aturan dalam memberi jaminan keselamatan terhadap angkutan penumpang perahu motor dari Kupang menuju Ansisi-Semau. Masalahnya yang kita temui adalah perahu motor belum memiliki ijin dari dinas perhubungan. Kita juga sudah berkoordinasi dengan dinas perhubungan,” kata Prastio Surahmanto.

Prastio Surahmanto berharap, semua perahu motor yang mengangkut penumpang di perairan wilayah NTT mendapat jaminan keselamatan dari Jasa Raharja. Karena jaminan keselamatan Jasa Raharja yang merupakan pertanggungan pemerintah adalah hak setiap penumpang angkutan umum.

(max)

 

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top