Opini

Pentingnya Praktek Klinik Bagi Mahasiswa Kebidanan

Oleh: Mery Flora Ernestin, SST.,M.Kes (Kaprodi D3 Kebidanan UCB)

TEROPONGNTT, KUPANG — Berdasarkan  UU  No.4 Tahun 2019 tentang Kebidanan adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan bidan dalam memberikan pelayanan kebidanan kepada perempuan selama masa sebelum hamil, masa kehamilan, persalinan, pasca persalinan, masa nifas, bayi baru lahir, bayi, balita, dan anak prasekolah, termasuk kesehatan reproduksi perempuan dan keluarga berencana sesuai dengan tugas dan wewenangnya. Bidan adalah seorang perempuan yang telah menyelesaikan program pendidikan Kebidanan baik di dalam negeri maupun di luar negeri yang diakui secara sah oleh Pemerintah Pusat dan telah memenuhi persyaratan untuk melakukan praktik Kebidanan.

Praktik Kebidanan adalah kegiatan pemberian pelayanan yang dilakukan oleh Bidan dalam bentuk asuhan kebidanan. Kompetensi Bidan adalah kemampuan yang dimiliki oleh Bidan yang meliputi pengetahuan, keterampilan, dan sikap untuk memberikan Pelayanan Kebidanan yang di peroleh  selama masa pendidikan D.3 kebidanan.

Bidan profesional yang dimaksud harus memiliki kompetensi klinis (midwifery skills), sosial-budaya untuk menganalisa, melakukan advokasi dan pemberdayaan dalam mencari solusi dan inovasi untuk meningkatkan kesejahteraan perempuan, keluarga dan masyarakat serta menekan Angka kematian Ibu dan bayi, Standar kompetensi ini memuat standar kompetensi  lulusan pendidikan Diploma III (tiga) Kebidanan dengan sebutan Ahli Madya Kebidanan. Dalam program  studi D.3 Kebidanan, mahasiswa kebidanan harus di bekali dengan teori/pengetahuan  serta ketrampilan  dalam memberi asuhan kebidanan yang di awali dengan bimbingan di laboratorium maupun di klinik sebelum mahasiswa turun kelapangan untuk memberikan asuhan kebidanan.

Para Lulusan program studi D.3 Kebidanan Universitas Citra Bangsa Kupang  sudah  bekerja di seluruh pelosok  Tanah Air tercinta, Propinsi Nusa tenggara Timur baik instansi pemerintah, rumah sakit maupun Pukesmas /Pustu ,Bidan Desa. Kami sangat bersyukur atas dukungan pemerintah,yayasan Insan Mandiri Kupang ,sehingga semua proses pembelajaran baik di kampus maupun di lapangan dapat berjalan dengan lancar. Program studi D.3 Kebidanan  sampai dengan tahun 2020/2021  sudah XIII Angkatan. Batas pendidikan D.3 kebidanan  3 tahun – 5 tahun ( 6 semester tepat waktu ). Kurikulum  yang di pakai adalah KKNI dengan jumlah 112 sks selama pendidikan  (  praktek laboratorium 39 sks, Praktek klinik 31 sks dan teori 42 sks.

Program Studi D 3 Kebidanan  Universitas Citra Bangsa didukung dengan kelengkapan ruangan laboratoium kebidanan yang memadai, sehingga semua mahasiswa dapat mengimplentasikan  mata kuliah yang di peroleh  dengan bimbingan para dosen dan tenaga laborat, di laboratorium  maupun klinik sebelum turun lapangan, Puji Tuhan walaupun di masa pandemi covid -19 tidak menjadi halangan bagi mahasisswa untuk memberi asuhan kebidanan, dan proses pembelajaran teori secara daring, prodi D.3 kebidanan tetap melakukan Praktek Klinik baik di laboratorium  dengan mengajukan izin kepada Tim Gugus Covid yang ada di universitas Citra Bangsa Kupang, maupun di lahan  yaitu Rumah sakit, Puskesmas, dengan mentaati protokol kesehatan.

Adapun praktek yang di jalan sesuai kurikulum  dan kalender akademik program studi D.3 Kebidanan. Puji Tuhan  dalam bulan Maret 2021 mahasiswa D.3 kebidanan  Angkatan XI semester VI (enam) merupakan semester akhir yang berjumlah 59 orang akan melakukan PKK III,  di  Puskesmas/ Puskesmas Pembantu maupun RS  di wilayah Kota Kupang. untuk melengkapi Kopetensi  yang sudah di tetapkan. Karena dengan memberikan asuhan secara lansung kepada klien mahasiswa dapat menerapkan asuhan kebidanan sesuai dengan kebutuhan klien, sehingga setelah menyelesaikan pendidikan,  dapat terjawab

Salah satu tujuan  dari program studi D.3 kebidanan Universitas Citra Bangsa adalah  Menghasilkan lulusan Diploma III Kebidanan yang mampu memenuhi kebutuhan stakeholder, bekerja sama dengan organisasi profesi, pelaku usaha, dan pemerintah dalam memberikan pelayanan kebidanan komunitas dengan pendekatan keluarga dan Visi dari program Studi D.3 kebidanan adalah Menjadi Program Studi Diploma III Kebidanan yang menghasilkan lulusan  Kompetitif, Inovatif, Dan Unggul Berlandaskan Nilai Humanis dalam Pelayanan Kebidanan Komunitas dengan Pendekatan Keluarga Tahun 2023” serta Misi  dari program studi D.kebidanan  (1) Menyelenggarakan pendidikan yang akuntabel, kredibel, dan transparan dengan menggunakan teknologi pendidikan di kelas, laboratorium, klinik dan komunitas dengan pendekatan keluarga. (2) Menyelenggarakan penelitian sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pelayanan kebidanan komunitas dengan pendekatan keluarga. (3) Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian dalam pelayanan kebidanan komunitas dengan pendekatan keluarga. (4) Membangun  kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat maupun pendayagunaan lulusan

Oleh sebab itu kami mengajak masyarakat Nusa Tenggara Timur, Khususnya Generasi penerus bangsa yang berada di tingkat sekolah menengah (SMA) yang  berminat untuk melanjutkan pendidkan ke Perguruan Tinggi ,mari Bergabung di Universitas Citra Bangsa Kupang.banyak beasiswa yang bisa anda dapatkan bila anda berminat serius dalam mengikuti pendidikan di Universitas Citra Bangsa Kupang, kami Dosen program Studi D.3 kebidanan  siap Membantu, Membimbing  Anda menjadi seorang calon Bidan dengan Gelar Ahli Madya Kebidanan.

(*)

 

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top