Daerah

Pemkot Kupang Beri Perhatian Extra Pada Pelayanan Administrasi Kependudukan Terutama KTP-Elektronik

TEROPONGNTT, KUPANG — Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil (Dukcapil) saat ini memberikan perhatian extra bagi pelayanan Administrasi Kependudukan berupa KTP-Elektronik kepada masyarakat Kota Kupang.. KTP-elektronik sangat penting dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Saat ini pelayanan di Disdukcapil Kota Kupang sudah sangat cepat, sistem dan jaringan sudah tertata secara baik dan SDM pegawai Disdukcapil sangat memadai. Dimana, banyak ASN yang diberikan kesempatan untuk mengikuti pelatihan maupun bimtek di tingkat Propinsi dan Pusat.

Walikota Kupang, Jefry Riwu Kore memberikan perhatian khusus kepada Dinas Dukcapil Kota Kupang, Beliau mengharapkan agar masyarakat Kota Kupang dapat terlayani dengan cepat,, sehingga tidak menunggu terlalu lama.. Bahkan Walikota Kupang menyampaikan kepada Disdukcapil agar  kedepan diprogramkan pelayanan Antar Gratis (ARTIS).

Dinas Dukcapil Kota Kupang juga sudah melakukan pembenahan-pembenahan terkait dengan pelayanan administrasi kependudukan, dimana telah dilakukan Jemput Bola di masyarakat. Bahkan saat ini, Kartu Identitas Anak (KIA) sudah mulai dicetak di Kota Kupang untuk anak-anak usia 0-16 tahun.

Terkait dengan stok  Blanko KTP-Elektronik, saat ini Disdukcapil Kota Kupang masih memiliki stok blanko namun tidak banyak. “Karena kebutuhan masyayakat cukup banyak yang kami layani, sehingga diharapkan setelah Lebaran kami akan mengajukan permintaan ke Ditjen Dukcapil Kemendagri,selaku Plt Disdukcapil, Saya pastikan bahwa tidak ada hambatan dalam pelayanan KTP-Elektronik di Kota Kupang, sepanjang  Jaringan dari Pusat tidak terganggu,” kata  Plt. Kepala Dinas Dukcapil Kota Kupang, Agus Ririmase di Kupang, Selasa (4/6/2019).

“Kami akan berusaha terus menerus untuk membenahi sistem pelayanan sehingga pelayanan di bidang adminduk dapat berjalan dengan baik, dan masyarakat bisa terlayani dengan cepat. Saya juga menghimbau kepada masyarakat Kota Kupang agar segera mengurus KTP-Elektronik maupun administrasi kependudukan lainnya  di Disdukcapil kota kupang,” tambah Ririmase.

Ririmase mengatakan, jangan pada saat butuh baru warga datang mengurus administrasi kependudukan, karena nanti terjadi antrian yang panjang. Ketika terjadi antrian yang panjang maka akan memakan waktu yang lama. “Bayangkan saja 1 orang kami layani 5-10 menit, kalau 100-200 atau 300 org yang antri kami layani berapa lama?. Kami juga punya keterbatasan peralatan dan apalagi kalau saat itu jaringan eror,” kata Ririmase.

Kalau seperti ini, kata Ririmase, nanti Disdukcapil yang disalahkan lagi. Saat ini Walikota Kupang, Jefry Riwu Kore juga memantau langsung pelayanan KTP-Elektronikl dan administrasi kependudukan lainnya di Dispenduk Kota Kupang. Apapun yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat di bidang adminduk harus tuntas.

“Kalau ada masalah menghadap langsung Pimpinan Dusdukcapil Kota Kupang. Jangan ribut di Medsos,, karena yang bisa mengatasi persoalan KTP-Elektronik , KK, Akte Kelahiran, Akte Kematian, Suket & SKPWNI hanya di Disdukcapil,” tegas Ririmase.

Dan saat ini, kata Ririmase, Disdukcapil Kota Kupang sangat tanggap terhadap  pelayanan  administrasi kependudukan. Pembenahan-pembenahan  terus dilakukan demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Bahkan saat ini juga, Disdukcapil Kota Kupang  sudah menerapkan TTE (Tanda Tangan Elektronik), sehingga pelayanan lebih cepat lagi. Karena walaupun Kadis tidak berada di tempat, pelayanan tetap berjalan seperti biasa. Kadis menandatangani dokumen kependudukan  melalui IPAD dan langsung bisa diambil oleh masyarakat di Loket Pelayanan Dispenduk.

(*/em)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top