Daerah

Pelayaran Perdana KM Agil Pratama 04 Disambut Pemerintah Flores Timur di Pelabuhan Larantuka

TEROPONGNTT, LARANTUKA — KM Agil Pratama 04 tiba di Pelabuhan Larantuka dan disambut antusias pemerintah Kabupaten Flores Timur, Sabtu (24/8/2019) pagi. Ini merupakan pelayaran perdana KM Agil Pratama 04 dengan rute pelayaran Kupang-Lewoleba-Larantuka (PP).

Kehadiran KM Agil Pratama 04 sangat berarti bagi masyarakat Kabupaten Flores Timur (Flotim) serta masyarakat Kabupaten Lembata dan sekitarnya, karena menambah pilihan sarana trasportasi laut bagi warga kedua kabupaten tersebut ketika hendak bepergian. Selama ini, jika hendak bepergian ke Kupang menggunakan transportasi laut, warga kedua kabupaten itu menggunakan kapal ferry dan juga kapal Pelni.

KM Agil Pratama 04 tiba di Pelabuhan Larantuka sekitar pukul 10.00 wita. Sebelum tiba di Larantuka, KM Agil Pratama 04 terlebih dahulu singgah di Pelabuhan Lewoleba-Kabupaten Lembata, sesuai rute pelayarannya yakni dari Kupang menuju Lewoleba lalu terus berlayar ke pelabuhan Larantuka. Penyambutan kedatangan KM Agil Pratama 04 ditandai dengan pengalungan selendang oleh pemerintah Kabupaten Flores Timur kepada nahkoda KM Agil Pratama 04.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP) Larantuka, Simon Baun yang dihubungi pertelepon pada ponselnya, Sabtu (24/8/2019) siang, tidak berhasil dikonfirmasi perihal sandarnya KM Agil Pratama 04 dalam pelayaran perdana ke Pelabuhan Larantuka. Saat dihubungi melalui pesan WhatsApp (WA) pun, tidak dibalas oleh yang bersangkutan.

Sementara Direktur Utama PT Sinar Samudra Selatan (SSS), Usman Husen selaku operator KM Agil Pratama 04, membenarkan adanya pelayaran perdana kapal tersebut, saat dihubungi wartawan Teropongntt.com dari Kupang, Sabtu (24/8/2019).

“KM Agil Pratama 04 tiba di Pelabuhan Larantuka tadi pagi (Sabtu, 24 Agustus 2019) dan diterima oleh Bupati Flores Timur,” kata Usman Husen.

Usman Husen menjelaskan, KM Agil Pratama 04 melayani rute pelayaran Kupang-Lewoleba-Larantuka (PP), dua kali dalam seminggu. Pelayaran KM Agil Pratama 04 dari Kupang menuju Lewoleba dan terus ke Larantuka dilakukan setiap hari Jumat dan Senin, sementara pelayaran sebaliknya dari Larantuka menuju Lewoleba dan kembali ke Pelabuhan Tenau Kupang dilakukan setiap hari Minggu dan Kamis.

“KM Agil Pratama 04 akan berlayar dari Pelabuhan Tenau Kupang pada pukul 19.00 wita. Sementara tiket kapal bisa dibeli di loket penjualan yang ada di pelabuhan, baik di Pelabuhan Tenau Kupang, maupun di Pelabuhan Lewoleba dan Pelabuhan Larantuka. Pemesanan tiket bisa juga via WhatsApp (WA) pada nomor 081227225292,” kata Usman Husen.

Selain mengangkut penumpang, menurut Usman Husen, KM Agil.Pratama 04 juga bisa mengangkut kendaraan roda dua (sepeda motor). Dengan kapasitas penumpang mencapai 360 orang. Pelayaran dari Kupang ke Lewoleba akan ditempuh selama 7 jam.

(max)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top