Ekbis

Ombudsman NTT Dukung Rencana Pemberlakuan Layanan Sistem Inaportnet di Pelabuhan Tenau Kupang

TEROPONGNTT, KUPANG – Perwakilan Ombudsman NTT mendukung rencana pemberlakuan layanan sistem inaportnet di Pelabuhan Tenau Kupang. Pemberlakuan system terintegrasi ini tentu akan mempermudah dan memperlancar layanan serta meminimalisir kemungkinn terjadi pungutan liar (pungli) dalam pelayanan di pelabuhan tersebut.

Hal ini dikatakan Kepala Perwakilan Ombudsman NTT, Darius Beda Daton kepada wartawan Teropongntt.com melalui pesan whatsapp (WA), Senin (12/10/2020). Beda Daton mengatakan hal ini, menanggapi rencana pemberlakukan  layanan system Inaportnet di Pelabuhan Tenau Kupang yang akan dimulai bulan Desember 2020.

Inaportnet adalah portal elektronis yang terbuka dan netral guna memfasilitasi pertukaran data dan informasi layanan kepelabuhanan secara cepat,  aman, netral dan mudah, yang terintegrasi dengan  instansi pemerintah terkait, badan usaha pelabuhan dan pelaku industri logistik untuk meningkatkan daya saing komunitas logistik Indonesia.

“Sistem terintegrasi ini bagus untuk mempermudah dan memperlancar layanan dan meminimalisir pungli,” tulis Beda Daton dalam pesan WA-nya.

Beda Daton mengatakan, Ombudsman akan terus memantau pelayanan di KSOP Kupang dan seluruh kantor syabandar dan otoritas pelabuhan (KSOP) dan unit pelayanan pelabuhan (UPP) lainnya yang ada di seluruh wilayah Provinsi NTT.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Seksi (Kasi) Angkutan Laut Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tenau Kupang, Eka Ariandi, mengatakan, mulai bulan Desember 2020, layanan system Inaportnet mulai diberlakukan di Pelabuhan Tenau Kupang. Eka Ariandi menjelaskan hal ini ketika dikonfirmasi perihal kegiatan sosialisasi layanan system Inaportnet yang digelar KSOP Kupang di gedung KSOP tersebut, .

“Iya, tadi kami mengundang 12 perusahaan dan satu operator untuk sosialisasi inaportnet, sedangkan sisanya dilaksanakan melalui zoom meeting,” tulis Eka Ariandi dalam pesan WA-nya ketika dikonfirmasi wartawan Teropongntt.com, Kamis (8/10/2020).

Menurut Eka Ariandi, sosialisasi layanan Sistem Inaportnet kembali dilakukan pihak KSOP Kupang karena layanan Sistem Inaportnet tersebut akan segera diterapkan di Pelabuhan Tenau Kupang. “Desember 2020 kita go live rencananya,” kata Eka Ariandi ketika ditanya, apakah layanan system inaportnet akan segera diberlakukan.

(max)

 

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top