Daerah

Notaris Harus Mau Menolong Warga Untuk Menjadi Pelaku Usaha

TEROPONGNTT, KUPANG — Dalam upaya meningkatkan perekonomian, pemerintah mendorong masyarakat untuk menjadi pelaku usaha  Untuk itu, notaris harus mau menolong warga yang mau menjadi pelaku usaha melalui penerbitan akta.

Demikian dikatakan Dirjen Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM RI,
Dr Freddy Haris pada acara s erah terima jabatan Kakanwil Kemenkumham Provinsi NTT di aula kanwil kemenkumham tersebut, Kamis (5/1/2017) siang. Acara tersebut dihadiri Gubernur NTT, Frans Lebu Raya dan forkompinda NTT serta sejumlah pejabat pemerintah.

Meski demikian, Haris mengingatkan, agar pelayanan akta pendirian badan usaha lebih diarahkan kepada bentuk perseroan terbatas atau PT. Alasannya, badan usaha berbentuk PT dinilai lebih baik legalitasnya dibandingkan badan usaha berbentuk CV.

“Pelayanan pemerintah lebih kepada badan usaha berbentuk perseroan terbatas atau PT. Kalau berbentuk CV, agak diragukan sedikit legalitasnya. Karena itu, notaris harus mau menolong warga yang mau berusaha. Kalau ada notaris yang biaya pembuatan akta terlalu mahal, warga silahkan mencari notaris yang biayanya lebih murah,” kata Haris.

Jika semua notaris di NTT menetapkan biaya pembuatan akta pendirian PT yang mahal, kata Haris, maka kemenkumham akan mendatangkan notaris yang biayanya lebih murah. Sehingga upaya pemerintah mendorong tumbuhnya pelaku usaha baru bisa berjalan.

Pada kesempatan ini, Haris juga menyampaikan hal lainnya yang menjadi pesan khusus Menteri Hukum dan HAM RI bagi Kakanwil Kemenkumham NTT yang baru. Terutama menyangkut pelayanan bidang hukum dan HAM yakni, persoalan keimigrasian terutama pengawasan serta terkait Operasi Bersinar (bersih dari narkoba). Selain itu juga menyangkut pentingnya perlindungan hak kekayaan intelektual dan kekayaan-kekayaan daerah lainnya.

Sementara Gubernur NTT, Frans Lebu Raya dalam sambutannya, mengucapkan selamat datang kepada pejabat baru Kakanwil Kemenkumham NTT dan terima kasih kepada pejabat lama. Kakanwil Kemenkumham NTT diserahterimakan dari pejabat lama, Rochadi Imam Santoso SH, MH kepada pejabat baru, Drs. Alif Suaidi, M.Si. (nia)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top