Nasional

Menteri PANRB Minta Kepala Daerah Bentuk Forum Komunikasi Publik

TEROPONGNTT, JAKARTA — Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Asman Abnur mengharapkan, setiap pimpinan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah (Pemda) agar mendorong peningkatan partisipasi publik, dengan membentuk Forum Komunikasi Publik (FKP). Hal tersebut dalam rangka penyelenggaraan pelayanan publik yang semakin berkualitas.

Demikian dikutip redaksi TeropongNTT dari website http://setkab.go.id, Sabtu (6/5/2017) siang. Seperti termuat di website tersebut, melalui Surat Edaran (SE) Nomor: 56 Tahun 2017 tertanggal 7 April 2017 yang ditujukan kepada para menteri/pimpinan lembaga, para gubernur dan para bupati/walikota seluruh Indonesia, Menteri PANRB, Asman Abnur menjelaskan, FKP merupakan forum dialog yang difasilitasi oleh penyelenggara pelayanan publik dalam rangka mengkomunikasikan dan membicarakan aspirasi atau harapan pemangku kepentingan berupa masukan, tanggapan, laporan, pengaduan dan apresiasi kepada penyelenggara pelayanan publik.

“Ruang lingkup FKP berupa masukan, tanggapan, laporan, pengaduan, dan apresiasi yang terkait dengan: a. Pelaksanaan kebijakan publik; b. Pelaksanaan standar pelayanan publik; c. Penyampaian hasil pengawasan/evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik; dan d. Pemberian penghargaan terhadap penyelenggaraan dan/atau pelaksana pelayanan publik,” demikian bunyi surat edaran itu.

Metode pelaksanaan FKP,  menurut Menteri PANRB,  dilakukan dengan dua bentuk media utama, yaitu tatap muka dan penggunaan media. (*)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top