Pendidikan

Mapala Universitas Citra Bangsa (UCB) Ditempah

TEROPONGNTT, KUPANG — Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Citra Bangsa (Mapala UCB) menggelar pendidikan dan latihan dasar (Diklasar) bagi para anggota selama tiga hari di Bumi Perkemahan Oetmanunu-Kabupaten Kupang, Jumat-Minggu, 7-9 Agustus 2020. Diklasar penting dilakukan mengingat tugas dan tanggungjawab para anggota sangat besar ke depannya.

Adapun materi-materi yang didapatkan bagi para anggota adalah : Pengenalan perlengkapan dasar pendakian yang dibawakan oleh Arman R. Lette, S.KM.,M.P.H, Dasar-dasar SAR dan P3K oleh tim BASARNAS Kupang, serta materi tentang Navigasi darat oleh Tim TNI-AD dari Korem 161 Wira Sakti Kupang.

Pembina Mapala UCB, James Adam Seo, S.Kom.,M.Kom mengatakan, kegiatan ini bertujuan membentuk mental dan skill para anggota, sehingga mampu menaklukan tantangan saat melakukan kegiatan terutama kegiatan outdoor seperti di hutan, di pantai maupun di gunung.

“Ini merupakan kegiatan untuk menambah pengetahuan dan skill para anggota dalam melakukan kegiatan-kegiatan di alam. Kami sangat bersyukur karena tim dari Basarnas dan TNI merespon baik surat kami dan mau hadir bersama kami di sini untuk memberikan sedikit ilmu bagi para anggota,” kata James.

“Kerjasama kami dengan Basarnas dan TNI sudah terjalin, harapannya kami bisa melakukan pendidikan lagi ke depan dengan waktu yang lebih lama,  karena 3 hari dirasa belum cukup. Kedepan kita akan melakukan yang lebih bagus lagi,” tambah James.

Pembina Mapala UCB lainnya, Arman R. Lette, S.KM.,M.P.H juga memberikan materi pada hari pertama tentang perlengkapan dasar pendakian. “Sebagai organisasi, Mapala pastinya akan sering melakukan kegiatan outdoor seperti di hutan, pantai maupun gunung. Pengetahuan dasar tentang perlengkapan outodoor, baik itu perlengkapan pribadi maupun kelompok sangat perlu, agar tetap safety selama kegiatan tersebut. Kami juga menghimbau para anggota agar dapat membeli satu persatu perlengkapan dasar yang dibutuhkan, khususnya perlengkapan pribadi,” kata Arman.

Sementara pemateri dari Basarnas memberikan pengetahun tentang P3K dan langsung dipraktekan oleh para anggota. Dan, pemateri dari TNI-AD memberikan pengetahun tentang cara menggunakan dan membaca Kompas serta bagaimana cara menemukan satu titik tertentu dengan derajat yang telah ditentukan.

Setelah penjelasan di dalam ruangan peserta langsung mempraktekannya di luar ruangan. Peserta begitu antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan ini dari hari pertama sampai hari terakhir.

Jumlah peserta pada kegiatan Diklasar ini sebanyak 25 orang, yang merupakan anggota tetap Mapala UCB. Turut mendampingi kegiatan ini adalah pembina Mapala UCB, yaitu : Arman Rifat Lette, S.KM.,M.P.H,  James Adam Seo, S.Kom.,M.Kom, Jhon Enstein, S.Kom.,M.Cs, Arfie Pigan Solissa, ST.,MT dan Irience R. A. Manongga, SE.,MM serta pelindung UKM Mapala UCB, Inna Djari,S.Psi, M.Psi, selaku Kepala Biro Kemahasiswaan UCB.

(vm)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top