Daerah

Mahasiswa Pelajar Wawonato Angkat Bicara Soal Kemerosotan Pendidikan

TEROPONGNTT, ENDE — Ikatan Mahasiswa Pelajar Wawonato (IMPW) Ende menggelar kegiatan diskusi kampung di Desa Wawonato, Kecamatan Ende, Kabupaten Ende, Jumat (7/7/2017) malam. Diskusi kampung mengangkat tema “Kegagalan pendidikan dan kemerosotan etika serta integritas mahasiswa dan pelajar Desa Wawonato”.

Ketua Ikatan Mahasiswa Pelajar Wawonato (IMPW) Ende, Firmus Rigo mengatakan, diskusi kampung mengangkat kembali realita yang ada di desa. Selama ini banyak pelajar di Desa Wawotato dan Kecamatan Ende secara keseluruhan, menurun minatnya untuk sekolah. Karena itu, perlu dipacu kembali melalui diskusi-diskusi untuk membangkitkan semangan anak dan orang tua untuk menyekolahkan anak.

“Kegiatan ini sebagai bentuk dorongan baik untuk generasi muda maupun orangtua, harus serius untuk menyekolahkan anaknya,” kata Firmus dalam arahannya.

Sementara Kades Wawonto, Stefanus Oro mengatakan, kegagalan pendikan dipengaruhi beberapa aspek yakni, faktor lingkungan, pendapatan orangtua, serta kesiapan anak sendiri. Tantangan ini harus bisa dihadapi agar anak-anak Wawonato tidak putus sekolah.

Kedepannya, kata Stefanus,  Desa Wawonato akan adakan arisan pendidikan sehingga bisa saling membantu dan meringankan orangtua dalam menyekolahkan anak. Dengan semangat saling membantu, diyakini pembangunan masalah pendidikan bisa diatasi secara perlahan.

Pemeteri lain, Stefanus Soba Embu Rudja mengatakan, kemerosotan pendidikan dan integritas merupakan tantangan. Untuk mengatasinya, harus mulai dari anak itu sendiri, sementara orangtua hanya sebagai pendukung dalam mengembangkan pendidikan anak.

Sementara Djolan Rinda, menyampaikan materi tentang motivasi berorganisasi bagi pelajar mahasiswa di Desa Wawonato. Berorganisasi harus mulai dari diri sendiri karena diorganisasi pun ada baik dan buruknya. Tinggal bagaimana pribadi masing- masing menimba pengetahuan dalam berorganisasi sehingga membawa manfaat bagi pengembangan diri.

Kegiatan diskusi kampung juga dihadiri para tokoh masyarakat Desa Wawonato, BPD, Sekertaris Desa Wawonato, para pelajar dan mahasiswa serta ratusan masyarakat setempat. (JR)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top