Daerah

Litelnoni : Pengarsipan Sama Pentingnya Dengan Pembangunan Infrastruktur

TEROPONGNTT, LABUAN BAJO — “Kemampuan menyimpan dan menata arsip secara tertib dan teratur adalah upaya untuk meninggalkan warisan informasi berharga bagi generasi mendatang. Penataan arsip yang rapih, sangat penting untuk mengetahui sejarah perjalanan suatu daerah. Karena itu, pengarsipan menjadi sama pentingnya dengan pembangunan infrastruktur”.

Demikian Wakil Gubernur NTT, Drs. Benny Alexander Litelnoni, SH, M.Si saat membuka kegiatan Hari Kearsipan Nasional ke-46 Tingkat Provinsi NTT di Labuan Bajo, Senin (22/5/2017). Peringatan Hari Kearsipan Nasional ke-46 Tingkat Provinsi NTT yang mengangkat tema “Tertib Arsip Cermin Budaya Bangsa” dipusatkan di aula Kantor Bupati Manggarai Barat.

Menurut Litelnoni, kedudukan arsip sangat vital, sehingga organisasi perangkat daerah (OPD) yang menangani arsip tidak boleh lagi dipandang sebagai tempat buangan atau tempat kering.

“Adanya kecenderungan pihak-pihak tertentu untuk menggugat aset-aset pemerintah menjadikan penataan arsip kian penting. Upaya tertib asip harus dimulai dari desa. Kegiatan pembangunan di desa terutama yang bersumber dari dana desa harus didokumentasikan secara baik agar terhindar dari upaya pelangggaran hukum,” pungkas Litelnoni. (*/Siaran Pers Biro Humas NTT)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top