Daerah

Kupang Masih Punya Banyak Peluang Bisnis di Tahun 2017

TEROPONGNTT, KUPANG – Kota Kupang sebagai ibukota Provinsi NTT terus mengalami kemajuan. Berbagai usaha bisnis terus bermunculan di berbagai sudut kota. Baik untuk usaha berskala menengah dan besar, maupun untuk usaha kecil terutama PKL (pedagang kaki lima). Hal ini menunjukan, Kupang masih punya banyak peluang  bisnis yang bisa dikembangkan di tahun 2017.

Lippo Plaza Kupang dan Ramayana Flobamora Mall menjadi contoh perusahaan besar yang terus berkembang di Kota Kupang. Pengunjung  yang ingin berbelanja di dua lokasi pasar modern ini terus saja berjubel setiap harinya. Bisnis perhotelan, penjualan mobil baru dan mobil bekas, bisnis restaurant atau rumah makan, serta jenis usaha lainnya terus memperlihatkan geliatnya.

Sementara dibidang usaha mikro kecil terutama pedagang kaki lima (PKL) pun menunjukan geliatnya. Baik untuk jualan kue, jualan sayur, jualan bakso, penjualan pulsa telepon dan listrik serta lainnya juga menunjukan hal yang sama. Semakin hari, Kota Kasih Kupang semakin ramai, jumlah kendaraan di jalan raya pun makin padat.

Meski demikian, tidak sedikit pula warga yang masih terdata sebagai warga miskin atau kurang mampu. Masih banyak warga yang juga terus diberdayakan, diberi pelatiahan dan kursus ketrampilan oleh lembaga kursus dan pelatihan. Usaha bisnis masih didominasi warga asal luar NTT, sementara warga yang disebut sebagai warga asli Kupang karena lahir dan besar di Kota Kupang umumnya belum berani memulai usaha sendiri.

Padahal, pemerintah Kota Kupang maupun Provinsi NTT terus mendorong tumbuh kembangnya usaha bisnis di wilayah ini. Program dana pemberdayaan mamsyarakat dialokasikan agar bisa merangsang warganya supaya berani berusaha dan mandiri. Namun, warga belum menyambut peluang yang disediakan pemerintah secara maksimal.

Sementara itu, sejumlah website menghadirkan berbagai kiat, tips dan cara untuk bisa memulai usaha bisnis dari nol dan menjadi sukses. Bahkan, langkah-langkah memulai usaha dirincikan oleh berbagai website di internet.

Hal utama yang ditekankan adalah berpikir realistis dan membangkitkan kemauan untuk mulai berusaha. Yang dibutuhkan hanyalah memiliki impian. Karena impian menciptakan ide usaha yang luar biasa,, yang kemudian direalisasikan menjadi sebuah peluang usaha baru yang menguntungkan.

Langkah pertama yang bisa diperhatikan ketika memulai usaha bisnis di Kota Kupang yakni menentukan ide usaha yang disesuaikan dengan kemampuan, minat atau bakat yang dimiliki, tanpa meninggalkan faktor peluang pasar. Dapat juga memulai usaha baru yang belum pernah ada di pasaran sehingga terkesan unik dan menarik.

Dengan visi dan misi yang jelas, maka langkah berikutnya adalah Action, guna merealisasikan ide usaha yang telah ditentukan. Mulailah usaha dengan penuh keyakinan dan ketekunan, karena kesuksesan memang membutuhkan perjuangan.

Hadapi dan nikmati hambatan maupun kegagalan serta mengambil hikmahnya sebagai pelajaran berharga untuk dievaluasi dan diperbaiki. Berpikir positif selalu dan terus berinovasi dan kreatif. Jangan lupa, Tuhan selalu menyertai setiap upaya baik yang dilakukan umat-Nya. (*/berbagai sumber)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top