Daerah

KPP Pratama Kupang Siap Bekerjasama Dengan Asosiasi Perusahaan Untuk Memberi Bimtek Pelaporan SPT Tahunan

TEROPONGNTT, KUPANG –  Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kupang menjajaki kerjasama dengan asosiasi perusahaan atau badan usaha, untuk menggelar bimbingan teknis (bimtek) guna mendorong Pelaporan SPT Tahunan Badan secara online melalui E-Filling.

Hal ini dikatakan Penanggung Jawab Kegiatan Bimtek Pelaporan SPT Tahunan KPP Pratama Kupang, Yohan Suharsoyo kepada wartawan di Aula Lantai 6 Gedung Keuangan Negara (GKN) Kupang, Kamis (4/4/2019). Selain itu, agar wajib pajak badan tidak kesulitan dalam pelaporan SPT Tahunan dan terhindar dari sanksi keterlambatan pelaporan SPT Tahunan.

Upaya ini, kata Yohan Suharsoyo, juga bercermin dari pelaksanaan bimbingan teknis (bimtek) Pelaporan SPT Tahunan Badan yang digelar KPP Pratama Kupang di Aula Lantai 6 Gedung Keuangan Negara (GKN) Kupang.

Beberapa asosiasi perusahaan atau badan usaha yang dijajaki KPP Pratama Kupang untuk bekerjasama menggelar Bimtek Pelaporan SPT Tahunan Badan diantaranya dengan Kadin (Kamar Dagang Indonesia) Provinsi NTT, Himpunan Pengusaha Muda (Hipmi) NTT, Asosiasi Pengusaha Indoensia (Apindo) NTT, Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) NTT, Real Estate Indonesia (REI) NTT dan berbagai asosiasi atau organisasi badan usaha lainnya.

“Kita berharap asosiasi atau organisasi badan usaha bisa membantu para anggotanya dalam pelaporan SPT Tahunan Badan sebagai wajib pajak dengan bekerjasama menggelar bimtek bersama KPP Pratama Kupang. Karena banyak juga wajib pajak badan yang kesulitan dalam pelaporan SPT Tahunan secara online melalui E-Filling,” kata Yohan Suharsoyo.

Apalagi kata Yohan Suharsoyo, pelaporan SPT Tahunan Badan untuk tahun pajak 2018 akan berakhir tanggal 30 April 2019 dan bila terlambat menyampaikan laporan SPT Tahunan bisa juga mendapatkan sanksi pajak. Kasihan kalau sampai wajib pajak harus membayar denda atau dikenakan sanksi hanya karena kesulitan melaporkan SPT Tahunan secara E-Filling.

“Asosiasi juga bisa berinisiatif menawarkan terlebih dahulu kepada KPP Pratama Kupang untuk menggelar bimtek. KPP Pratama Kupang selalu siap membantu wajib pajak agar dapat menyampaikan pelaporan SPT Tahunan sebelum jatuh tempo,” kata Yohan Suharsoyo.

Untuk diketahui, sebanyak 150 wajib pajak badan mengikuti Bimtek Pelaporan SPT Tahunan yang digelar KPP Pratama Kupang di Aula Lantai 6 Gedung Keuangan Negara (GKN) Kupang, Kamis (4/4/2019). Setelah mengikuti bimtek, wajib pajak badan bisa langsung mendapat pelayanan konsultasi dan melakukan pelaporan SPT Tahunan Badan secara online melalui fasilitas E-Filling yang disiapkan Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

(max)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top