Ekbis

KPP Pratama Kupang Gelar Bimbingan Teknis SPT Tahunan Untuk Duta E-Filing

TEROPONGNTT, KUPANG — Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kupang menyelenggarakan Bimbingan Teknis SPT Tahunan untuk Duta e-Filing secara online melalui aplikasi Zoom Meeting, Rabu (20/1/2021). Bimbingan Teknis yang diselenggarakan selama dua jam tersebut, bertujuan untuk memberikan edukasi atau penyegaran materi terkait tata cara pengisian dan penyampaian SPT Tahunan secara e-Filing.

Acara tersebut dihadiri oleh 50 orang yang menjadi Duta e-Filing, yang berasal dari dua puluh tiga satuan kerja yang berada di wilayah kerja KPP Pratama Kupang. Tugas dari Duta e-Filing tersebut adalah menghimbau, membimbing, dan memonitor penyampaian SPT Tahunan di masing-masing satuan kerja. Bimbingan teknis duta e-Filing tersebut merupakan salah satu bentuk inovasi yang dilakukan oleh KPP Pratama Kupang sejak tahun 2019 untuk memberikan kemudahan bagi wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya dalam hal pelaporan SPT Tahunan.

Kepala KPP Pratama Kupang, Moch. Luqman Hakim mengatakan dalam sambutannya bahwa Duta e-Filing berperan untuk menjembatani para pegawai di satuan kerja masing-masing dengan KPP Pratama Kupang. “Dikarenakan pandemi Covid-19 ini, para petugas dari kantor pajak tidak bisa datang langsung ke kantor Bapak dan Ibu sekalian untuk melakukan asistensi. Jadi kedepannya diharapkan Bapak dan Ibu yang bertugas menjadi Duta e-Filing dapat menjadi perpanjangan tangan kami untuk melakukan asistensi pelaporan SPT Tahunan”, tambahnya.

Luqman juga menambahkan bahwa di masa pandemi Covid-19 ini, semua pelayanan akan dilakukan secara daring. Maka dari itu KPP Pratama Kupang memberikan layanan pesan tertulis khusus untuk pelayanan SPT Tahunan. “Bagi Bapak dan Ibu yang menemukan kendala saat pelaporan SPT Tahunan, akan kami bimbing secara online melalui nomor whatsapp yang sudah kami sediakan. Selain itu, dimohon Bapak Ibu tetap memperhatikan jatuh tempo pelaporan SPT Tahunan yaitu 31 Maret untuk Orang Pribadi dan 30 April untuk Badan. Semakin cepat pelaporan SPT Tahunan maka akan semakin baik, jika bisa lapor sekarang, kenapa harus nanti!”, jelasnya.

Diharapkan dengan terselenggarakannya acara tersebut, para Duta e-Filing dapat menjadi pendorong kepatuhan pelaporan SPT Tahunan melalui e-Filing di satuan kerja masing-masing. Selain itu, Duta e-filing diharapkan dapat mengubah perilaku wajib pajak sehingga dapat melaporkan SPT tahunannya secara digital, di mana saja, kapan saja, tanpa harus ke kantor pajak sebelum jatuh tempo.

(*)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top