Daerah

Kongres Provinsi Himpunan Perawat Critical Care Indonesia (Hipercci) Provinsi NTT Digelar di Kupang

TEROPONGNTT, KUPANG — Himpunan Perawat Critical Care Indonesia (Hipercci) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar kongres pertamanya di Aula Lantai 3 Gedung RSU SK Lerik Kota Kupang, Sabtu (6/4/2019). Kongres sekaligus berfungsi mensahkan terbentuknya Hipercci Provinsi NTT beserta badan pengurusnya.

Hipercci Provinsi NTT adalah bagian dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi NTT yang khusus menjadi wadah perhimpunan bagi para perawat yang menangani pasien dengan kondisi kritis. Perawat Critical Care adalah perawat yang biasa bertugas merawat pasien di ruangan ICU, TICU, NICU, ICCU dan HCU di rumah sakit.

Kongres Provinsi Hipercci Provinsi NTT dihadiri perwakilan perawat critical care Indonesia dari seluruh kabupaten/kota dan dibuka Ketua DPW PPNI NTT, Aemilianus Mau, S.Kep, Ns, M.Kep. Acara pembukaan kongres juga dihadiri Direktur RSU SK Lerik Kota Kupang, dr. Marsiana Halek dan pimpinan himpunan perawat lainnya.

Ketua DPW PPNI NTT, Aemilianus Mau mengatakan, PPNI adalah satu-satunya organisasi profesi bagi para perawat, sementara Hipercci adalah bagian dari PPNI  yang lebih sebagai wadah penghimpun para perawat dengan spesialisasi penanganan pasien kritis. Karena itu, kehadiran Hipercci sangat penting artinya bagi para perawat yang bekerja di ruangan ICU, TICU, NICU, ICCU dan HCU rumah sakit.

“Di PPNI NTT saat ini sudah ada 6 himpunan perawat termasuk Hipercci. Ada juga himpunan perawat yang lain seperti himpunan perawat pasien sakit jiwa, himpunan perawat pasien anak dan lainnya,” kata Aemilianus Mau.

Karena itu, Aemilianus Mau berharap, Hipercci Provinsi NTT dapat berperan secara baik sebagai bagian dari organisasi profesi dalam menghimpun dan melindungi para perawat critical care di seluruh wilayah NTT. Harapan yang sama juga disampaikan Direktur RSU SK Lerik Kota Kupang, dr. Marsiana Halek.

Sementara Ketua Panitia Kongres Provinsi Hipercci Provinsi NTT, Hanna Desa dalam laporannya mengatakan, Kongres Provinsi Hipercci Provinsi NTT merupakan konggres pertama yang digelar dibawah payung organsisasi PPNI Provinsi NTT. Hipercci Provinsi NTT adalah wadah bagi para perawat yang bertugas melayani pasien di ruangan ICU, TICU, NICU, ICCU dan HCU rumah sakit.

(max)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top