Daerah

KNPI Rote Ndao Tanggapi Deklarasi Damai Pemuda Nembrala-Oenitas

TEROPONGNTT, BA,A — Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Rote Ndao akan menggelar dialog bertemakan kepemudaan dengan melibatkan stakeholder di Kecamatan Rote Barat pasca deklarasi damai dua kelompok pemuda yang bertikat yakni Desa Oenitas dan Desa Nembrala. Deklarasi damai untuk menyelesaikan konflik antar pemuda kedua desa dilaksanakan secara hukum adat di hadapan pemerintah, penegak hukum, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh pendidik di wilayah Rote Barat.

Anggota DPRD Kabupaten Rote Ndao sekaligus Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Rote Ndao, Denyson Moy mengatakan hal tersebut di kantor Camat Rote Barat, Sabtu (5/8/2017) siang. Denyson Moy.

Rencana menggelar dialog, kata Denyson Moy, merupakan wujud tanggungjawab sebagai tokoh pemuda, dalam hal ini Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Rote Ndao. Pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pemerintah kecamatan untuk secepatnya melakukan dialog atau talk show kepemudaan ini.

Sehingga, kata Denyson Moy, kita sebagai pemuda/i dapat menjalin dan membangun sebuah komitmen baik untuk benar-benar mengakhiri konflik ini. Bukan menjadikan ajang ini sebagai tren konflik tetapi hal ini benar-benar tidak terjadi lagi.

“Ini adalah momentum sejarah bagi kita semua bahwa pemuda sebagai tulang punggung dan masa depan bangsa harus dijaga dengan baik dan jangan dibarkan tergerus dalam hal yang justru merugikan diri kita sendiri. Kalau kita membuat masalah, kita akan memotong masa depan kita dalam kehidupan sosial dan bermasyarakat ,” kata Denyson Moy.

Karena itu, Denyson Moymengajak untuk terus menjalin rasa kekeluargaan guna menyelamatkan masa depan anak bangsa. Konflik yang dihadapi bukan lagi menjadi sesuatu yang trend tetapi sebuah persoalan yang dihadapi dan perlu dibasmi.

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Rote Ndao, kata Denyson Moy, mengapresiasi langka pemerintah, tokoh agama, tokoh adat (maneleo) dan tokoh masyarakat yang telah mengagas ide baik untuk menyelamatkan masa depan pemuda. Ini hal yang sangat positif. (Humas Rote Ndao)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top