Daerah

Ketika Hang In & Hang Out Danlanud El Tari Digelar

TEROPONGNTT, KUPANG — Kolonel PNB Ronny Irianto Moningka, ST, MM dipercaya menjadi Komandan Landasan Udara (Danlanud) El Tari, menggantikan Kolonel PNB Jorry S Koloay, S.IP yang dipromosi ke jabatan baru sebagai Komandan Sekolah Kesatuan Komando TNI Angkatan Udara.
Sebelum dipercaya menjadi Danlanud El Tari, Kolonel PNB Ronny Irianto Moningka, ST, MM adalah salah satu pejabat di Komando Pertahanan Udara Nasional TNI AU. Kolonel PNB Ronny Irianto Moningka, ST, MM juga merupakan lulusan terbaik Akabri angkatan udara tahun 1992.
Acara pelantikan dan serah terima jabatan Danlanud El Tari telah dilaksanakan di Koopsau II Makasar, Kamis, 11 Mei 2017. Pelantikan dan serahterima jabatan Danlanud El Tari dipimpin, Panglima Koopsau II, Marsma TNI Yadi Indarayadi, S.M.S.S.
Pada Sabtu (13/5/2017), Kolonel PNB Ronny Irianto Moningka, ST, MM bersama istri, Ny. Ronny Irianto Moningka, tiba di Lanud El Tari Kupang. Kedatangan Danlanud El Tari yang baru, Kolonel PNB Ronny Irianto Moningka, ST, MM disambut secara militer dalam acara Hang In & Hang Out Danlanud El Tari.
Pada acara Hang In & Hang Out Danlanud El Tari ini, Kolonel PNB Jorry S Koloay, S.IP sebagai pejabat lama, menyerahkan kunci mobil dan kantor serta seluruh tugas dan tanggung jawab sebagai Danlanud El Tari kepada Kolonel PNB Ronny Irianto Moningka, ST, MM. Penyerahan tugas dan tanggung jawab serta seluruh fasilitas, juga ditandai dengan pengguntingan pita dan pengalungan bunga kepada Kolonel PNB Ronny Irianto Moningka, ST, MM disaksikan seluruh jajaran TNI Lanud El Tari yang hadir.
Kepada wartawan, Kolonel PNB Jorry S Koloay, S.IP mengatakan, dirinya bertugas sebagai Danlanud El Tari selama hampir satu tahun empat bulan. Ada banyak kesan dan kenangan didapatnya selama bertugas memimpin Lanud El Tari. Karena itu, kemanapun ia bertugas, dirinya tak akan pernah lupa dengan Lanud El Tari, Kupang dan NTT.
“Selama bertugas sebagai Danlanud El Tari, kami selalu berusaha membangun hubungan kerjasama dan koordinasi yang baik dengan pemerintah dan semua komponen masyarakat. Karena TNI AU Lanud El Tari hadir untuk mendukung pembangunan di wilayah NTT selain tugas utamanya menjaga kedaulatan wilayah udara NKRI di provinsi ini,” kata Koloay.
Sementara Kolonel PNB Ronny Irianto Moningka, ST, MM sebagai Danlanud El Tari yang baru mengatakan, Lanud El Tari merupakan pangkalan udara TNI AU yang strategis karena letak wilayah NTT yang berbatasan langsung dengan dua negara yakni Timor Leste dan Australia. Karena itu, apa yang telah dirintis Danlanud El Tari sebelumnya akan dilanjutkan dan ditingkatkan.
Ditambahkan Moningka, keberadaan TNI AU Lanud El Tari merupakan bagian dari solusi untuk mendukung pembangunan di wilayah NTT. Selain menjalankan tugas utama menjada kedaulatan wilayah udara di daerah perbatasan.
Pada acara Hang In & Hang Out Danlanud El Tari yang digelar secara militer ini, Kolonel PNB Jorry S Koloay, S.IP dan istri, Ny Jorry S Koloay juga sekaligus berpamitan dengan seluruh jajaran Lanud El Tari. Satu persatu pejabat dan prajurit TNI AU Lanud El Tari dan ibu-ibu anggota PIA Ardhya Garini Cabang 7/D II Lanud El Tari disalami. Koloay dan istri juga mendapat ucapan selamat jalan dan selamat bertugas di tempat baru dari jajaran TNI AU Lanud El Tari serta ibu-ibu anggota PIA Ardhya Garini Cabang 7/D II Lanud El Tari.
Jajaran TNI AU Lanud El Tari serta ibu-ibu anggota PIA Ardhya Garini Cabang 7/D II Lanud El Tari terlihat sedih melepas kepergiaan Kolonel PNB Jorry S Koloay, S.IP dan istri, Ny Jorry S Koloay yang segera kembali ke Jakarta untuk menjalankan tugas di tempat yang baru.
Bahkan, ibu-ibu anggota PIA Ardhya Garini Cabang 7/D II Lanud El Tari serta beberapa pejabat Lanud El Tari tampak meneteskan air mata. Banyak kenangan mungkin mereka alami saat bertugas bersama Kolonel PNB Jorry S Koloay, S.IP dan istri, Ny Jorry S Koloay.
Air mata para bawahan ini, menyiratkan pesan, betapa Kolonel PNB Jorry S Koloay, S.IP dan istri, Ny Jorry S Koloay merupakan pemimpin yang baik bagi mereka. Sementara Kolonel PNB Jorry S Koloay, S.IP dan istri, Ny Jorry S Koloay hanya bisa tersenyum menyaksikan reaksi para bawahan yang juga rekan kerja mereka selama ini.
Kolonel PNB Ronny Irianto Moningka, ST, MM selaku Danlanud El Tari yang baru, bersama istri, Ny. Ronny Irianto Moningka ikut tersenyum menyaksikan kesedihan jajaran TNI AU Lanud El Tari dan ibu-ibu anggota PIA Ardhya Garini Cabang 7/D II Lanud El Tari tersebut.
Setelah selesai menyalami semua jajaran TNI AU Lanud El Tari dan ibu-ibu anggota PIA Ardhya Garini Cabang 7/D II Lanud El Tari, Kolonel PNB Jorry S Koloay, S.IP dan istri, Ny Jorry S Koloay kemudian naik ke mobil dan menanggalkan Lanud El Tari. (*)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top