Daerah

Kades Kaeneno Manfaatkan Sarjana di Kampungnya Untuk Bangun Desa

TEROPONGNTT, SOE — Desa Kaeneno di Kecamatan Fautmolo, merupakan salah satu desa di Kabupaten TTS yang ingin memanfaatkan sarjana di desanya untuk terlibat dalam pembangunan desa. Ini merupakan terobosan yang patut didukung demi percepatan pembangunan desa.

Kades Kaebeno, Gusty Fallo yang ditemui di sela-sela Rapat Koordinasi (Rakor) Program Inovasi Desa di aula Mutis Kantor Bupati TTS, Jumat (6/12/2019), menjelaskan keinginannya untuk memanfaatkan 7 orang sarjana yang baru diwisuda dari perguruan tinggi di Kupang untuk terlibat dalam pembangunan desa berdasarkan latar belakang pendidikan mamsing-masing.

“Baru-baru ini ada tujuh orang sarjana asal Desa Kaeneno yang diwisuda. Saya sudah komunikasi dengan mereka untuk terlibat dalam pengelolaan dana desa berdasarkan latar belakang pendidikan mereka,” kata Gusty.

Ke 6 orang sarjana tersebut, kata Gusty, terdiri dari 3 orang sarjana pertanian, 2 orang sarjana pariwisata dan 1 orang perawat.

“Mereka (6 orang sarjana) akan kita manfaatkan untuk terlibat dalam pengelolaan dana desa. Sudah satu orang yang saat ini bantu kerja aplikasi sistem keuangan desa,” kata Gusty

Untuk tiga orang sarjana pertanian, lanjut Gusty, akan melaksanakan kajian pengembangan lahan tidur dan pemutakhiran data kemiskinan desa. Hasil kajian mereka akan digunakan untuk hijauan makanan ternak (HMT).

“Dua orang dari sarjana pariwisata akan dimanfaatkan keilmuan mereka untuk pengembangan situs pariwisata lokal seperti Gua Auni yang ada di Desa Kaeneno,” kata Gusty.

Sementara untuk sarjana keperawatan, kata Gisty, akan ditempatkan di posyandu Desa Kaeneno yang saat ini belum ada petugas kesehatan, dan akan dibiayai dari dana desa. Namun sarjana keperawatan tersebut saat ini masih mengikuti program Ners dan jika sudah selesai akan difungsikan sebagai petugas kesehatan Desa Kaeneno.

(PR)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top