Dunia

Junita Diding Bahagia Bisa Kuliah di Amerika Serikat Dengan Beasiswa CCIP

TEROPONGNTT, KUPANG — Junita Diding, lahir di Kupang, 7 Juni 1994 sebagai anak kedua dari tiga bersaudara. Ayahnya  seorang polisi, (Alm) Aiptu Johanis Diding meninggal tahun 2012 dan ibunya  Damaris Diding seorang ibu rumah tangga juga aktifis sosial yang begitu ketat menjaga dan merawat anak-anaknya.

Alumnus SMAN 10 Kupang tahun 2012 ini diwisuda tahun 2015 dari Jurusan Kebidanan Poltekes Kemenkes. Setelah lulus kuliah menjadi seorang bidan, ia lalu magang di RS SK Lerrick Kota Kupang selama 1 bulan, kemudian mulai 5 Februari 2016 bekerja di RS Siloam Kupang, dan ditempatkan di bidang Quality and Risk(QR).

Berbekal impian dan semangat ingin kuliah di Amerika Serikat (USA), Uni, panggilan akrab Junita Diding terus mencari peluang beasiswa ke luar negeri. Rupanya Tuhan menjawab semua doa Uni. Program CCIP Aminef menerima Uni sebagai salah satu peserta program beasiswa dari total 30 pemuda-pemudi Indonesia. 22 mendapat beasiswa CCIP lewat proses seleksi dan 8 pemuda/pemudi lainnya mendapat program beasiswa CCIP dari Freeport.

Lewat percakapan dan wawancara menggunakan video call WhatsApp (WA) dari rumah orang tuanya di Asrama Polda NTT, Rabu (2/8/2017), kepada wartawan media ini, Uni menyampaikan bahwa Beasiswa CCIP (Community College Initiative Program) adalah salah satu dari sekian banyak beasiswa dari U.S Departement of States/Amerika Serikat yang dikelola oleh AMINEF(American Indonesia Exchange Foundation) bagi lulusan SMA, SMK, D1, D2, D3.

Tujuannya, kata Uni, untuk meningkatkan kemampuan teknis di bidang pekerjaan yang diemban, meningkatkan mutual understanding dan kemampuan Bahasa Inggris. Untuk S1 juga bisa, tetapi bagi yang jurusan kuliahnya berbeda dengan pekerjaanya. Untuk mengakes informasi terkait beasiswa ini bisa buka di link http://www.aminef.or.id/

Beasiswa CCIP Aminef merupahkan beasiswa penuh, tiket, akomodasi, biaya kuliah dan biaya hidup termasuk asuransi ditanggung oleh CCIP Aminef dengan proses perkuliahan 1 tahun akademik non degree(non gelar). Alasan Uni memilih Public Safety – Fire Sience Prorection and Safety karena berhubungan dengan bidang pekerjaan di Quality and Risk(QR).

Pemilik nama lengkap Ade Junita Veronica Diding ini, peroleh beasiswa penuh dari pemerintah Amerika Serikat selama 1 tahun di Boston – Bunker Hill Commutity College. Dua putra/putri NTT lainnya di tahun 2017 yang mendapat kesempatan emas belajar di Amerika selama satu tahun 2017-2018 diantaranya, Putri dari Kabupaten Belu yang kuliah di Washington DC dan Putra dari Kabupaten Manggarai Barat yang kuliah di New York untuk profesi guru. Selamat buat Uni, sukses selalu. (roy)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top