Daerah

JPU Tahan Edison Dan Juarin Dalam Kasus Landscape Kantor Bupati TTS

TEROPONGNTT, SOE — Berkas perkara kasus dugaan korupsi pembangunan landscape halaman kantor Bupati TTS dengan tersangka Fredik Edison Oematan dan Juarin, telah dinyatakan lengkap (P21) oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari TTS setelah menerima penyerahan tahap 2 dari penyidik tindak pidana korupsi Polres TTS pada Rabu (30/10/2019).

Penyerahan tahap 2 tersebut dilakukan oleh Kanit Tipikor Polres TTS, AIPTU Ketut Susianna dan Bripka Ando Mere kepada JPU, Khusnul Fuad, SH dikantor Kejaksaan Negeri TTS.

Jaksa Penuntut Umum (JPU), Khusnul Fuad, SH kepada wartawan di kantor Kejari TTS, Rabu (30/10/2019), menjelaskan, setelah menerima berkas perkara, barang bukti dan dua tersangka, JPU akan melakukan penahanan selama 20 hari ke depan sembari menunggu waktu pelimpahan berkas perkara ke pengadilan Tipikor Kupang untuk disidangkan.

“Dua tersangka tersebut akan kita tahan selama 20 hari ke depan terhitung hari ini hingga 20 hari ke depan dan dalam waktu dekat ini, kita akan limpahkan berkas perkara tersebut ke pengadilan untuk disidangkan,” jelas Khusnul Fuad.

Mengenai adanya tersangka lain selain Fredik Edison Oematan dan Juarin, Khusnul menjelaskan tergantung hasil penyidikan lanjutan dari penyidik Polres TTS apakah nanti ada tersangka baru atau tidak.

“Prinsipnya tergantung hasil penyidikan dari teman-teman penyidik di Polres, kalau dalam perjalananya ada tersangka lain ya kita tunggu saja. Yang terpenting bagi kami adalah secepatnya kita akan limpahkan berkas dua tersangka tersebut ke pengadilan untuk disidangkan,”kata Khusnul.

Sementara Penasihat Hukum tersangka Edison Oematan Jemmy Haekase, SH mengatakan, akan dilakukan upaya hukum yakni permohonan penangguhan penahanan atau permohonan pengalihan status tahanan misalnya tahan kota atau tahanan rumah.

“Kita akan lakukan upaya hukum yaitu permohonan penangguhan penahanan atau permohonan pengalihan status tahanan bisa tahanan rumah ataupun tahanan kota,”jelas Jemmy Haekase.

Secara terpisah, Kasat Reskrim Polres TTS IPTU Jamari, SH, MH yang diwawancarai di mapolres TTS usai penyerahan tahap 2 mengatakan, dengan penyerahan tahap 2 berupa berkas perkara, barang bukti dan dua tersangka Fredik Oematan dan Juarin, penyidik akan fokus untuk melengkapi bersangka dua tersangka lainnya yakni berkas tersangka MF dan EA agar dalam waktu dekat diserahkan ke JPU.

“Setelah berkas dua tersangka FO dan tersangka J, penyidik akan fokus melengkapi berkas dua tersangka lainnya MF dan EA,”ujar Jamari.

Jamari berjanji dalam waktu dekat ini berkas perkara MF dan EA akan diserahkan ke JPU.

“Mudah-mudahan dalam waktu ini kita sudah bisa serahkan berkas perkara dari tersangka MF dan EA,” janji Jamari.

(PR)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top