Daerah

Jelajah Wisata Labuan Bajo Diikuti Bupati Ngada

TEROPONGNTT, LABUAN BAJO — Dalam rangka memperingati HUT Bayangkari ke-71, Polres Manggarai Barat mengadakan event Jelajah Pesona Alam Labuan Bajo, Sabtu (20/5/2017). Acara ini dibuka Kapolres Manggarai Barat, AKBP Drs. Subianto. Yang menariknya, event Jelajah Pesona Alam Labuan Bajo diikuti pula oleh Bupati Ngada, Marianus Sae.

Event Jelajah Pesona Alam Labuan Bajo ini, untuk keduanya diadakan oleh Polres Manggarai Barat. Jarak tempu yang dilalui peserta jelajah pesona alam kurang lebih 70 kilometer (km), melewati wilayah Dalong, Waimoto, Sokrutung, Lumpur Walang, embung hingga bukit Teletubbies Labuan Bajo.

Kapolres Manggarai Barat, AKBP Drs. Subianto yang juga sebagai fasilitator event, ketika membuka acara ini menyampaikan permohonan maaf karena dirinya tidak menjadi peserta pada event ini. Hal itu karena kondisi fisiknya yang tidak memungkinkan, sehingga diwakili oleh wakapolres.

Event Jelajah Pesona Alam Labuan Bajo diikuti 150 peserta ditambah dengan 20 orang dari panitia. Selain itu, event ini tidak hanya diikuti peserta dari NTT saja, namun juga berasal dari NTB khususnya Bima. Yang menarik, Bupati Ngada, Marianus Sae menjadi satu-satunya bupati yang mengikuti kegiatan ini.

Marianus Sae ikut dalam event ini untuk yang pertama kalinya. Namun kapasitasnya bukan sebagai Bupati Ngada, tetapi sebagai salah satu dari komunitas pencinta Trail yakni, Bajawa Trail Comunity (BTC). Marianus Sae  juga sebagai penanggung jawab BTC.

Ternyata di Manggarai Barat, Bupati Ngada ini sudah cukup dikenal oleh komunitas trail karena memang Marianus Sae sudah pernah diajak mengikuti jelajah trail di Labuan Bajo. Untuk itu, panitia sengaja mengundang bupati Ngada untuk dapat mengikuti event ini. Kehadiran Bupati Ngada juga membuat peserta trail menjadi antusias dan digunakan sebagai ajang foto bersama dengan sang bupati.

Saat di tanya wartawan TeropongNTT, mengapa memilih olahraga yang cukup ekstrem ini, Marianus Sae mengatakan, olahraga trail ia gunakan untuk survei jalan didesa-desa atau kunjungan ke desa-desa. Sehingga, dirinya bisa mengetahui kondisi jalan-jalan di wilayah Kabupaten Ngada. Mana jalan yang rusak dan mana ruas jalan yang masih bagus.

Dengan mengunjungi pelosok desa, kata Marianus Sae, dirinya bisa melihat langsung situasi di daerahnya secara real. Sehingga bisa langsung mendengar dari masyarakat dan tidak sekedar menerima laporan.

“Saya sangat apresiasi terhadap event ini. Menjadi ajang promosi pariwisata dan juga bermanfaat, terutama untuk anak-anak muda, agar dapat menyalurkan bakat mereka. Mereka tidak perlu kebut-kebutan di jalan,” kata Marianus Sae.

Salah sati warga Desa Compang Longgo,  ibu Carolina mengatakan, Bupati Ngada sudah kedua kalinya melewati wilayah desa mereka dan sebagai warga setempat mereka sangat senang dengan kehadiran Marianus Sae. Warga Desa Compang Longgo sangat senang karena Marianus Sae termasuk orang yang sangat baik. Masyarakat bahkan tidak merasa segan berbincang-bincang dengan bupati.

“Kami berharap memiliki pemimpin yang jiwanya seperti bapak Bupati Ngada, karena Bupati Ngada sangat baik dan tidak membeda-bedakan kami ketika berbincang-bincang,” kata Carolina. (nia)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top