Daerah

Jefry Riwu Kore Ingatkan, Pasar Oebobo Harus Bebas Dari Pungli

TEROPONGNTT, KUPANG — Walikota Kupang, Jefry Riwu Kore atau Jeriko melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Oebobo, Kelurahan Fatululi, Kamis (24/08/2017) pagi. Jefry Riwu Kore merasa kaget ketika para pedagang mengeluh harus membayar bila ingin mengunakan kamar WC di wilayah Pasar Oebobo.

“Kami masuk kamar WC harus bayar Bapak. Seribu rupiah kita bayar ke petugas atas perintah PD Pasar,” ujar para pedagang pasar.

Kepada Walikota Kupang, Jefry Riwu Kore, warga pedagang Pasar Oebobo juga mengeluhkan sikap PD Pasar Kota Kupang, yang hanya ingin menarik retribusi dari pedagang tanpa bertanggung jawab memperhatikan kebersihan dan kenyamanan pedagang di pasar.

“Tiap hari PD Pasar datang ambil retribusi di kami, tapi kami punya hak tidak di penuhi. Air susah di sini bapak, katong harus beli, meteran kami pasang sendiri, masuk WC musti bayar seribu rupiah dan itu sudah dari dulu,” kata warga pedagang.

Saat berhadapan dengan sejumlah pedagang ini, Walikota Kupang, Jefry Riwu Kore mengingatkan, agar pengelolaan Pasar Oebobo harus bebas dari pungutan liar (pungli).

“Saya ingatkan, aktivitas Pasar Oebobo jangan ada pungli. Tidak ada lagi biaya-biaya di luar retribusi sampah dan lapak,” kata Jefry Riwu Kore atau Jeriko.

Selain melihat kondisi lapak dan kondisi infrastruktur pasar, orang nomor satu di Kota Kupang ini juga mengingatkan kepada pedagang untuk terus menjaga kebersihan dan kenyamanan pasar supaya tercipta suasana aman dan nyaman dalam berjualan.

“Katong harus jaga ini pasar, mulai dari kebersihan, keamanan, supaya kita tetap nyaman berjualan di sini,” tuturnya.

Kedatangan Jeriko yang terbilang pagi sekali, yakni pukul 07.00 wita, disambut warga dan pedagang. Warga memberikan apresiasi atas kunjungan dan perhatian dari walikota yang baru dilantik tersebut.

Kunjungan ke pasar Oebobo merupakan kunjungan yang ke-2 setelah sebelumnya, Jeriko berkunjung di pasar Oeba. (*/Armand Hote/Pito Atu/penanusantara.com)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top