Ekbis

ICCAP 2017 Mengusung Paradigma Baru Tata Kelola Perdagangan

TEROPONGNTT, JAKARTA — Kementerian Perdagangan sebagai regulator nasional di bidang perdagangan, terus berupaya menyesuaikan diri dengan berbagai paradigma di berbagai bidang. Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita menekankan bahwa Kemendag akan focus menumbuhkan paradigm baru tata kelola perdagangan, salah satunya melalui International Conference dan Call for Paper (ICCAP).

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita mengatakan, ICCAP 2017 dapat berfungsi sebagai forum strategis untuk memperkuat jaringan antara pemerintah, akademisi dan pelaku bisnis di sektor perdagangan. ICCAP yang digagas oleh Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan (BPPP) Kemendag ini diselenggarakan pada 5-6 September 2017 di Jakarta.

International Conference dan Call for Paper (ICCAP) yang baru diselenggarakan pertama kalinya pada 2017 ini, menjadi paradigma baru tata kelola perdagangan dalam negeri yang antara lain berfokus pada efisiensi logistik; peningkatan peran usahamikro, kecil dan menengah, serta pemanfaatan teknologi informasi.

Sedangkan di bidang perdagangan luar negeri, kata Enggartiasto Lukita, berfokus pada upaya mendobrak pasar ekspor nontradisional dan peningkatan peran kerja sama perdagangan internasi

Onal.

ICCAP yang dirancang menjadi kegiatan tahunan ini memilih “A New Paradigm in Trade Governance to Increase Domestic Efficiency and to Strengthen Global Competitiveness”

sebagai tema utama untuk kegiatan perdana. Pemilihan tema tersebut dilatarbelakangi berbagai tantangan, perubahan situasi dan perkembangan teknologi saat ini yang menuntut pemerintah, khususnya Kemendag sebagai regulator untuk menyesuaikan diri agar target-target pertumbuhan ekonomi dan kinerja perdagangan yang telah ditetapkan dapat terwujud. (http://www.kemendag.go.id/)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top