Daerah

IAKMI NTT Gelar Sumpah Profesi, Ini Pesan Dr. dr. H. A. Fernendez dan Kadis Kesehatan NTT

TEROPONGNTT, KUPANG — Pengurus Daerah Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (Pengda IAKMI) Provinsi NTT menggelar acara sidang terbuka sumpah profesi Ahli Kesehatan Masyarakat, Sabtu (21/9/2019). Acara digelar di Aula lantai 4 Universitas Citra Bangsa (UCB) Kupang.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Domi Mere dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Seksi PSDM Dinkes Provinsi NTT, Serafina M. Manehat mengatakan, sumpah profesi kesehatan masyarakat adalah hal penting sebagai dasar seorang tenaga kesehatan untuk melayani.

“Saat ini regulasi mengharuskan semua tenaga kesehatan untuk melakukan sumpah profesi. Ini penting untuk melegitimasi bahwa kita adalah bagian dari profesi. Ini sebagai dasar untuk mengurus STR yang menjadi pegangan dalam melayani masyarakat,”  kata Serafina.

Ketua Umum IAKMI NTT, Dr. dr. H. A. Fernendez, M.Kes dalam sambutannya, menghimbau agar mereka yang dilantik dapat memberikan kontribusi yang lebih bagi peningkatan derajat kesehatan masyarakat di NTT.

“Ini adalah sumpah profesi yang pertama kalinya dibuat. Harapannya, semua yang dilantik ini dapat menjalankan amanah sesuai lafal sumpah yang barusan diucapkan. Kapan dan dimana pun berada harus menjaga kehormatan dan martabat profesi kesehatan masyarakat, juga  melaksanakan kewajiban sebagai Ahli Kesehatan Masyarakat dengan mengutamakan kepentingan masyarakat serta menjunjung tinggi kejujuran dan keadilan,” kata Fernandez.

Perwakilan peserta, Yanik Irawati mengatakan akan terus melakukan yang terbaik untuk kesehatan masyarakat “Kami akan memberikan pelayanan kesehatan masyarakat yang terbaik dengan terus senantiasa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kami sesuai dengan perkembangan Ilmu Kesehatan Masyarakat. Harapan kami semoga ke depan para senior dapat memberikan bimbingan dan bersama kita berkolaborasi mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya,” kata Yanik.

Perencanaan kedepan, pengurus IAKMI Daerah Provinsi NTT akan melakukan roadshow ke semua kabupaten untuk melakukan pelantikan badan pengurus IAKMI cabang di kabuoaten dan sumpah profesi.

(VM)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top