Daerah

Hujan Terus Mengguyur Kota Kupang, Ini Peringatan Dini Cuaca BMKG

TEROPONGNTT, KUPANG – Hujan deras terus mengguyur wilayah Kota Kupang dan sekitarnya sejak sepekan terakhir. Hujan mengguyur dari pagi hingga malam. Warga yang bermukim di sekitar daerah aliran sungai dan daerah tebing diharapkan waspada terhadap banjir dan tanah longsor.

Peringatan dini cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahkan menyebut, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih terus mengguyur wilayah Kota Kupang dan sekitarnya hingga sepekan mendatang.

Perkiraan cuaca mingguan yang dilansir website www.bmkg.go.id menyebut, hujan dengan   intensitas   sedang   hingga lebat   berpotensi   terjadi   di  wilayah Indonesi mulai dari  Sumatera   Utara,  Sumatera   Barat, Jambi,  Sumatera Selatan hingga  Pulau Jawa, Bali,   Nusa   Tenggara   Barat dan  Nusa   Tenggara   Timur. Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat juga terjadi di wilayah Kalimantan   Barat,   Kalimantan   Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan hingga Papua dan Papua Barat.

Sementara peringatan dini cuaca BMKG menyebut, adanya sirkulasi siklonik di Kalimantan Barat bagian Utara (level   925/800mb). Konvergensi terbentuk memanjang dari perairan Selatan Jawa hingga perairan Selatan Sulawesi. Daerah belokan angin terdapat di wilayah perairan Barat Sumatra, Laut Natuna, Kalimantan Timur, NTT, Sulawesi bagian Utara, Maluku Utara dan Papua Barat.

Sementara wilayah yang berpotensi hujan lebat adalah Riau bagian Timur, Kepulauan Riau, Sumatera Barat bagian Utara, Jambi bagian Barat, Sumatera Selatan bagian Barat dan Selatan, Kepulaun Bangka Belitung dan Lampung. Selain itu, Jawa Tengah bagian Tengah dan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Tenggara, Papua, Gorontalo, Sulawesi Utara dan Maluku.

Bahkan, Nusa Tenggara Timur (NTT) masuk dalam wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat/petir. (*/max)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top