Daerah

Hmmmm…Pawai Ogoh-Ogoh Umat Hindu Jadi Tradisi Baru di Kota Kupang

TEROPONGNTT, KUPANG – Umat Hindu Kota Kupang menggelar pawai Ogoh-ogoh menyambut hari raya Nyepi Tahun Saka 1939. Ogoh-ogoh adalah karya seni patung dalam kebudayaan Bali yang menggambarkan kepribadian Bhuta Kala. Pawai Ogoh-ogoh Umat Hindu menjadi tradisi baru di Kota Kupang.

Dalam ajaran Hindu Dharma, Bhuta Kala merepresentasikan kekuatan (Bhu) alam semesta dan waktu (Kala) yang tak terukur dan tak terbantahkan. Bhuta Kala digambarkan sebagai sosok yang besar dan menakutkan dan biasanya berwujud Rakshasa.

Pawai Ogoh-ogoh melambangkan keinsyafan manusia akan kekuatan alam semesta dan waktu yang maha dashyat. Kekuatan yang meliputi kekuatan Bhuana Agung (alam raya) dan Bhuana Alit (diri manusia). Kekuatan yang dapat mengantarkan makhluk hidup, khususnya manusia dan seluruh dunia menuju kebahagiaan atau kehancuran.

Pawai Ogoh-ogoh dalam rangka hari raya Nyepi tahun baru Saka 1939 digelar umat Hindu Kota Kupang, Senin (27/3/2017) sore. Pawai dimulai dari halaman kantor Walikota Kupang menuju lapangan Mapolda NTT dan dilepas Walikota Kupang, Yonas Salean. Sekitar 500-an umat Hindu ikut dalam pawai Ogoh-ogoh ini.

Ada tiga Ogoh-ogoh raksasa dan satu ogoh-ogoh kecil diarak dalam pawai Ogoh-ogoh ini. Pawai ogoh-ogoh juga diikuti diikuti grup Barongsai Naga Timor dari Toko NAM serta perwakilan pemuda agama-agama di Kota Kupang.

Tiap ogoh-ogoh dipikul belasan pria dewasa sambil berteriak-teriak penuh semangat. Perjalanan pawai Ogoh-ogoh juga menjadi tontonan menarik warga Kota Kupang yang menunggu di sepanjang rute yang dilalui. Warga Kota Kupang seakan menyaksikan langsung Ogoh-ogoh di Pulau Dewata Bali.

Walikota Kupang, Yonas Salean mengatakan, pawai Ogoh-ogoh Umat Hindu merupakan pawai Ogah-ogoh pertama yang digelar di Kota Kupang dan mungkin yang pertama juga di Provinsi NTT. Pawai ogoh-ogoh adalah bentuk kebersamaan dan bagian dari semangat toleransi antar umat beragama. (*)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top